Jangan Tunggu Sakit Gigi, Konsultasi Gigi Sekarang!

Siapa nih yang ke dokter gigi cuma kalau giginya sakit aja? Kalau dulu, aku kayaknya bakalan jadi yang angkat tangan paling tinggi karena bener-bener males ke dokter gigi. Yang namanya ke dokter, aku kira cuma pas sakit aja. Setelah gigiku bermasalah dan aku datang ke dokter gigi, baru sadar kalau periksa gigi ke dokter gigi itu gak usah nunggu sakit. 



Faktanya, 94,9% masyarakat perkotaan tidak pernah ke dokter gigi dalam satu tahun terakhir. Salah satu alasannya adalah persebaran dokter gigi yang belum merata. Tidak hanya itu, biaya ke dokter gigi yang tidak murah juga membuat masyarakat enggan memeriksakan giginya dengan teratur. Akibatnya, dari 57% masyarakat yang memiliki masalah gigi dan mulut, hanya 10,2%nya saja yang berkunjung ke dokter gigi. Mayoritas yang ke dokter gigi pun karena sudah putus asa sakit gigi.

Informasi tersebut aku dapet pas ikutan virtual conference Pepsodent bekerja sama dengan FDI World Dental Federation (FDI) juga dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dalam rangka Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2022. Kampanye yang dilakukan adalah "Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi, #KonsultasiGigiSekarang". Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran sekaligus memfasilitasi masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi dan mulut. 

Di virtual conference tersebut, turut hadir:

  • Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin
  • drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Beauty and Personal Care Unilever Indonesia
  • drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
  • Prof. Ihsane Ben Yahya, President FDI World Dental Federation
  • Maudy Koesnaedi, selebritas dan ibu satu anak

Acara ini diselenggarakan tanggal 22 Maret 2022 dan seru banget dengerinnya. Ada banyak ilmu dan insight menarik. Dan pastinya, jadi sadar kalau periksa gigi itu wajib rutin, bukan cuma pas sakit aja. 

Permasalahan Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Gigi dan Mulut 


Permasalahan masyarakat Indonesia bekenaan dengan masalah gigi dan mulut ini adalah di persebaran dokter gigi dan biaya perawatan gigi. Mengenai masalah persebaran dokter gigi di dibenarkan oleh drg. Usman Sumantri, MSc, selaku Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) bahwa saat ini jumlah dokter gigi di Indonesia masih belum ideal. Berdasarkan rekomendasi WHO, 1 dokter gigi adalah untuk 7.500 orang sedangkan di Indonesia faktanya 1 dokter gigi adalah untuk 9.565 orang.

Selain itu, keberadaan dokter gigi masih terpusat di perkotaan, terutama dokter gigi spesialis. Bayangkan di perkotaan saja kesadaran masyarakat memeriksakan gigi dengan rutin masih rendah, bagaimana di pedesaan yang konstribusi dokter giginya tidak merata?

Kontribusi Pepsodent dalam Permasalahan Gigi


Bertepatan dengan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2022, Pepsodent meluncurkan Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang kemasan baru yang disertai dengan QR code. Fungsi dari QR code tersebut untuk mengakses layanan teledentistry "Tanya Doker Gigi Pepsodent", sebuah layanan konsultasi gigi online dengan ahlinya. 




Aku pribadi happy banget denger kalo sekarang bisa konsultasi gigi online dengan ahlinya, karena terkadang ke dokter gigi ini memakan waktu dan biaya yang lumayan jadi kadang males juga kan. Kalau misalnya bisa secara virtual kan bisa jadi solusi permasalahan aku pribadi. Hal ini juga sejalan dengan permasalahan masyarakat Indonesia yang enggan ke dokter gigi karena lokasi dan biaya. Sebuah solusi yang oke banget dari Pepsodent nih!

Di acara virtual conference tersebut juga ada Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin sekaligus membuka acara. Beliau memberikan apresiasi inisiatif dari Unilever Indonesia bersama FDI World Dental Federation dengan PDGI yang sudah berkolaborasi untuk memberi solusi permasalahan masyarakat Indonesia ke dokter gigi dengan memberikan akses perawatan gigi dan mulut melalui layanan teledentistry. Tidak hanya itu, beliau juga mengapresiasi kampanye konsultasi gigi ini.

Kondisi pandemi COVID -19 juga merubah kebiasaan, baik dari masyarakat maupun dokter gigi itu sendiri. Layanan kesehatan gigi dan mulut secara virtual bisa menjadi salah satu perubahan kebiasaan tersebut.

Tanya Dokter Gigi by Pepsodent


Layanan teledentistry gratis dari Pepsodent ini diberi nama "Tanya Dokter Gigi by Pepsodent" dan diluncurkan tahun 2020 melalui layanan whatsapp di nomor 0878-8876-8880. Hingga kini, tercatat 21.488 sesi layanan telah diberikan dengan tingkat kepuasan yang sangat baik. 

Nah, selama tanggal 1 April hingga 30 Juni 2022, konsultasi teledentistry ini akan diberikan oleh ribuan dokter gigi dari 100 PDGI cabang. Secara khusus, 23 PDGI cabang juga akan memberikan edukasi dan tindakan perawatan kepada masyarakat.

Di situs Tanya Pepsodent juga akan ikut berpartisipasi "Pepsodentist", relawan dokter gigi swasta di seluruh penjuru Indonesia yang akan ditampilkan dalam Dentist Locator. Para Pepsodentist ini berkomitmen untuk memberikan perawatan pembersihan karang gigi ringan dalam jumlah terbatas kepada masyarakat. Keren banget ya kolaborasinya!

Untuk mendukung movement yang udah keren itu, Pepsodent juga meluncurkan Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang kemasan baru yang dilengkapi dengan QR code . Setiap konsumen bisa langsung mengakses layanan teledentistry "Tanya Dokter by Pepsodent" kapanpun dan dimanapun. 




Apresiasi juga diberikan  President FDI World Dental Federation, Prof. Ihsane Ben Yahya, bahwa FDi bangga atas kemitraan yang telah terjalin selama lebih dari 17 tahun dengan Unilever Oral Care. 

Selama virtual conference berlangsung, aku terkagum-kagum sama komitmen Pepsodent terhadap edukasi kesehatan gigi dan mulut. Berbagai kampanye, kerja sama, dan inovasi terus dilakukan untuk mendukung masyarakat Indonesia sehat terutama kesehatan gigi dan mulut. Salut!

Semoga, dengan adanya kampanye ini bisa berdampak langsung kepada masyarakat mengenai kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ini sudah berdampak kepada aku sendiri, dan aku harap akan semakin meluas. Masyarakat Indonesia yang sudah teredukasi juga sudah seharusnya membantu penyebaran informasi bermanfaat ini sehingga kita bersama-sama berjuang untuk menyuarakan periksakan gigi sekarang, jangan nunggu sakit gigi.




Sekarang udah gampang loh akses ke dokter gigi karena ada Tanya Dokter Gigi by Pepsodent, mau alasan apa lagi hayooo?



Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.