Mengenal Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Masih inget banget, dulu pas masih kecil punya saudara yang sering sesak nafas. Kalau main bareng, pasti diwanti-wanti buat jangan lari-lari, jangan kecapean, gak bisa diajak hujan-hujanan, dll. Karena dulu masih SD, ku kira orang tuanya galak. Banyak ngatur-ngatur anaknya. Ternyata katanya, anaknya itu mengidap penyakit jantung.

Dulu mana ngerti apa itu penyakit jantung. Kayaknya bukan cuma dulu, sampai dewasa juga gak terlalu ngerti tentang penyakit jantung ini, apalagi yang bawaan. Boro-boro mau belajar, dengernya pun udah degdegan duluan.

Nah, karena kemarin Nutrisi Bangsa mengadakan webinar Pentingnya Dukungan Nutrisi Optimal Anak dengan Kelainan Jantung Bawaan dalam rangka Hari Jantung, aku akhirnya penasaran dan ikut mantengin webinarnya.

Emang ngejelasin apa aja sih? Seru gak? Sini, aku ceritain dikit ya!



Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Gak cuma orang dewasa atau yang udah sepuh yang punya penyakit jantung, bahkan anak-anak pun bisa terkena penyakit yang satu ini. Sebelum jelasin lebih lanjut, aku jelasin dari awal dulu ya.

Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit jantung yang dialami anak, yaitu:
  1. Penyakit Jantung Bawaan,
  2. Penyakit Jantung yang Didapat.
Penyakit jantung bawaan biasanya terjadi sejak trisemester awal kehamilan yang terbawa hingga lahir, sedangkan penyakit jantung yang didapat terjadi akibat proses kelainan yang bisa saja berasal dari penyakit lain. 

Pada sadarnya, jantung anak dengan orang dewasa itu berbeda, baik dari pertumbuhan dan perkembangannya hingga jenis penyakit jantung yang dideritanya. 

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.