Tentang PLTS Atap Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik Danone-AQUA Terbesar di Indonesia

 Hari itu kebetulan lagi gak ada kegiatan dan dapet info soal adanya webinar peresmian PLTS Atap Pabrik AQUA Mekarsari. Akhirnya memutuskan untuk ikut nyimak karena menarik deh kayaknya! Nah, setelah join akhirnya aku dapet banyak insight menarik dan pengetahuan baru terutama tentang PLTS dan Danone-AQUA itu sendiri. Apa aja sih? Let me explain!



Tentang PLTS Atap Pabrik Danone-AQUA

Jadi PLTS disini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dipasang di atap Pabrik Danone-AQUA Mekarsari, pabrik terbesar di Indonesia. PLTS ini berkapasitas 2.112 kWP. Webinar ini menyiarkan peresmian langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diwakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara virtual. Selain beliau, hadir juga Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Bambang Rianto serta Bupati Sukabumi Marwan Hamami. PLTS di Pabrik Danone-AQUA ini berada di Mekarsari, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Danone-AQUA sebagai pelopor pemanfaatan PLTS Atap di Industri, terus berkomitmen untuk membangun PLTS Atap di 21 Pabrik Danone-AQUA di Indonesia dengan total kapasitas lebih dari 15 MWp pada 2023. Kerennya Danone-AQUA ini kalo komitmen gak cuma teori doang, tapi juga beneran ada karya nyatanya. 

Nah, pemasangan PLTS Atap Pabrik Danone-AQUA ini juga sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam mencapai ambisi Emisi Nol pada tahun 2060, meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23 persen pada 2025 juga upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6,8 GW pada 2025.

Apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap Danone-AQUA

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan apresiasi kepada Danone Indonesia yang sudah berpartisipasi dalam program pemerintah dengan membangkitkan Energi Baru Terbarukan berupa Tenaga Surya di fasilitas Pabrik Mekarsari. 

Ternyata, kapasitas sebesar 2,1 mWP ini akan menghasilkanb 2,3 gWH energi listrik pertahunnya dan mampu mengurangi emisi karbon sebesar 1.916 ton co2 yang setara dengan 9.580 batang pohon. 

Komitmen Danone-AQUA 

Danone-AQUA ini keren banget kalau soal inovasi dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Banyak hal dilakukan, dari mulai hal sederhana sampai hal yang besar. Komitmennya gak main-main, bukan juga sekedar formalitas. 

Sejak 2017, Danone-AQUA sudah jadi pelopor pemanfaatan PLTS Atap di Industri dalam negeri. Komitmen Danone-AQUA dengan menjadi perusahaan dengan Emisi Nol atau Netral Karbon dalam seluruh rantai pasok perusahaan pada tahun 2050, serta penggunaan 100% energi listrik terbarukan pada tahun 2030. 

Sampai saat ini, udah ada empat Pabrik Danone-AQUA yang memanfaatkan PLTS Atap dengan total 6,2 MWp termasuk salah satunya Pabrik Danone-AQUA Mekarsari yang merupakan Pabrik Danone-AQUA terbesar di Indonesia. Hal ini disampaikan langsung VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto. 




Gak sendirian, ternyata tepat di hari peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76, Danone-AQUA bareng sama sejumlah perusahaan multinasional lainnya yang tergabung dalam kelompok kerja Corporate Buyer dari Clean Energy Investment Accelerator (CEIA) telah menandatangani aspirasi bersama untuk menyatakan dukungannya terhadap Pemerintah Indonesia dalam pengadaan energi terbarukan untuk sektor komersial dari Industri di Indonesia.

Pentingnya Energi Terbarukan untuk Mengatasi Perubahan Iklim dan Emisi Karbon

Perubahan iklim ini menimbulkan resiko yang gak main-main dan signifikan loh terhadap sumber daya alam Indonesia. Dampaknya banyak sekali, diantaranya ke produksi dan distribusi makanan, air dan energi. Penanganan isu ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau satu dua orang saja, tetapi tanggung jawab kita semua sebagai manusia. Masyarakat, pemerintah dan sektor swasta harus bekerja sama untuk bisa mengatasi permasalahan perubahan iklim dan emisi karbon.

Pokoknya, abis ikutan webinar Peresmian PLTS Atap Pabrik Danone-AQUA Mekarsari ini banyak manggut-manggut. Informasinya menarik dan termasuk baru. Aku pribadi jadi aware sama perubahan iklim dan emisi karbon, juga tahu kontribusi perusahaan terhadap hal tersebut.


Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.