Kreatif Kala Pandemi (Dari Danone Specialized Nutrition Indonesia untuk Ibu Kantin Sekolah)

 Pandemi COVID-19 sudah berlangsung kurang lebih tujuh bulan. Dan selama itu pula, banyak sektor usaha terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung, baik dengan skala kecil maupun besar. Adaptasi normal baru mau tidak mau harus dilakukan. Kreatif di kala pandemi adalah kunci.

Hal ini juga dialami oleh ibu kantin sekolah yang menjadi Ibu Warung Anak Sehat. Bagaimana cerita kreatif kala pandemi ala mereka ini?




Apa itu Warung Anak Sehat?


Warung Anak Sehat merupakan program Danone SN Indonesia melalui Sari Husada yang membina ratusan pengelola kantin di sejumlah sekolah dasar di Indonesia. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2011 dan telah memberdayakan lebih dari 350 ibu kantin yang disebut dengan Ibu Warung Sehat (IWAS).

Program ini bertujuan untuk mewujudkan sekolah dengan kantin sehat melalui pendampingan dan penyediaan material edukasi dan memiliki target untuk memperbaiki kebiasaan anak sekolah dalam mengonsumsi jajanan bersih dan sehat di lingkungan sekolah. 




Warung Anak Sehat secara nyata telah meningkatkan pendapatan ibu kantin sebanyak lebih dari 50%, dan pendapatan ini telah memberikan manfaat kepada 1.092 anggota keluarganya.

Kreatif Kala Pandemi ala Ibu Warung Anak Sehat


Karena IWAS ini merupakan pelaku usaha kantin di sekolah, maka Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan sejak pandemi membawa dampak bagi pengelola kantin sekolah, termasuk pada Ibu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju binaan Danone SN Indonesia.

Tidak mau menyerah dengan keadaan, para Ibu Warung Sehat ini mulai mengembangkan UMKM Perempuan dengan menjual homemade food dan menjajakannya secara door to door maupun online. Makanan yang dibuat tentunya tetap menjunjung pemenuhan nutrisi sehat yang baik untuk mengoptimalkan proses belajar anak.

Tapi, usaha tersebut bukan tanpa hambatan. Ternyata, para Ibu Warung Sehat mengaku belum sepenuhnya memahami pengetahuan dan pelatihan dalam berbisnis dan memasarkan produk secara daring. Hambatan inilah yang menjadi dasar bagi Danone SN Indonesia untuk bisa berpartisipasi mendukung Ibu Warung Sehat untuk tetap kreatif kala pandemi.

Dukungan Danone SN Indonesia terhadap Ibu Warung Anak Sehat


Untuk mendukung para Ibu Warung Anak Sehat untuk menjadi UMKM digital, Danone SN Indonesia memberikan akses pelatihan pemanfaatan platform digital untuk membantu usaha mereka. Danone SN Indonesia meyakini bahwa dampak positif bisnis dan sosial harus berjalan bersamaan.

Danone SN Indonesia juga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada Ibu Warung Anak Sehat melalui program Women Will, inisiatif Grow with Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi wanita di seluruh dunia.

Pada bulan Oktober, pelatihan permulaan dilakukan kepada 50 Ibu Warung Anak Sehat dan akan dilanjutkan pada bulan November. Pelatihan yang dilakukan adalah  menguatkan edukasi digital untuk pengembangan bisnis UMKM agar dapat menjangkau konsumen dengan efektif.

Apa Pendapat Ibu Warung Anak Sehat mengenai Program Ini?


Nuriyani Rahayu, salah satu Ibu Anak Warung Sehat yang berdomisili di Yogyakarta sangat mengapresiasi dukungan Danone SN Indonesia terhadap para Ibu Warung Anak Sehat. Beliau merasa bersyukur karena Danone SN Indonesia terus memberikan dukungan termasuk pelatihan-pelatihan mengenai pengembangan usaha di luar kantin sekolah.

Tentunya, para Ibu Warung Anak Sehat tetap berkomitmen untuk memprioritaskan kualitas produk yang sehat untuk konsumen. Mereka bangga bisa menjadi bagian dari upaya mengubah pandangan masyarakat luas mengenai nutrisi.



Wah, semangat terus ya para Ibu Warung Anak Sehat untuk senantiasa kreatif kala pandemi. Semoga usahanya lancar dan usaha untuk mengubah pandangan masyarakat mengenai nutrisi juga bisa tersampaikan dengan baik.




Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.