Rekomendasi Vendor Pernikahan di Tasikmalaya

Disclaimer: Vendor yang aku rekomendasikan adalah vendor yang aku pakai ketika menyelenggarakan pernikahan di Tasikmalaya dan merasa puas dengan hasilnya.



Mempersiapkan pernikahan memang melelahkan. Calon pengantin bukan hanya bergelut dengan konsep pernikahan impian, tapi juga budget, keluarga, jarak, dan banyak hal lainnya. Memilih vendor juga sebenarnya melelahkan. Ada banyak pilihan tapi kita sendiri tidak tahu apakah akan sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

Buat aku yang agak perfeksionis, aku punya konsep pernikahan dan sebisa mungkin diusahakan sesuai ekspektasi. Makannya, aku agak picky buat milih vendor penikahan. Btw, vendor pernikahan yang bagus gak harus mahal. Dan menurutku pribadi, yang paling penting dari merealisasikan konsep pernikahan impian adalah komunikasi dengan vendor.

Saat mempersiapkan pernikahan, aku sedang berdomisili di Jakarta. Karena jauh dari Tasik, aku kumpulin dulu vendor-vendor pernikahan di Tasik dan aku kepoin instagramnya satu persatu. Hal pertama yang aku cari adalah Wedding Organizer.

Wina Wedding Organizer


Menurutku ini yang pertama kali harus aku cari karena mereka yang bakalan bantu buat milih dan menghubungi vendor-vendor lainnya. Sebenarnya, ada cukup banyak Wedding Organizer di Tasik dengan harga yang beragam. Ada yang menawarkan paket WO-nya saja, ada juga yang full package.

Wina Wedding Organizer ini memang salah satu WO yang cukup terkenal. Gak cuma di Tasik, tapi di Priangan Timur kayaknya. Setelah survey ke beberapa WO dan ngobrol, akhirnya aku sama ibu cenderung ke Wina Wedding Organizer karena:
  • Udah berpengalaman
  • Seragamnya bagus
  • Ada free Foto Booth (saat itu)
  • Helpful
Seragamnya bagus? Penting gitu?

Menurutku, ini salah satu hal yang penting. Bagus bukan berarti harus mahal, tapi maksudnya rapi dan sesuai dengan konsep pernikahan. Pernah beberapa kali datang ke pesta pernikahan dengan WO yang pakaiannya gak nyambung sama konsep pernikahan dan aku pribadi merasa kurang pas (sangat disayangkan). Jadi, satu hal itu penting menurutku. Atleast, WO bisa pakai baju hitam supaya netral dan jangan pake jeans (kecuali konsepnya casual).

Wina Wedding Organizer


Sebelum milih Wina Wedding Organizer aku juga udah beberapa kali ngobrol sama PICnya, namanya A Andri dan dia helpful banget dengan kegalauanku pas milih vendor. Aku banyak banget nanya-nanya soal vendor, apalagi soal budget. Sebisa mungkin budgetnya efektif dan efisien.

Nah, di Wina Wedding Organizer sendiri aku ambil full package supaya gak usah ngurusin sendiri (kecuali hal-hal tertentu). Harganya juga bisa milih dan disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari Rp 65.000.000 kalau gak salah. Pokoknya dari WO yang terpenting sabar dan helpful. Aku sangat terbantu sekali dengan Wina Wedding Organizer ini. 

Wina Wedding Organizer


Pas hari-H, aku happy banget liat mereka pake seragam sesuai sama konsep pernikahan aku. Mereka juga gercep dan bisa bikin pesta jadi meriah.

Feliz Decoration


Dari sekian banyak vendor dekorasi di Tasik, aku milih Feliz Decoration karena aku liat di instagram kebanyakan dekorasinya sesuai dengan konsep pelaminan yang aku mau. Ya, dulu fokusnya ke pelaminan dulu karena pengen pelaminan yang simple tapi tetep cantik.

Feliz Decoration
Pelaminan by Feliz Decoration


Pertama kali ngobrol soal itu sama Feliz Decoration langsung nyambung dan kita langsung ngobrolin budget. Feliz Decoration sabar banget jelasin ini-itu soal dekor yang aku sendiri tadinya gak terlalu paham. 

Oh iya, dekorasi itu salah satu hal yang budgetnya lumayan. Makannya harus cermat dalam memilih. Peritilan-peritilan dekorasi kalau disatuin bisa bikin budget membengkak.

Untungnya, Feliz Decoration ini sabar banget nunggu aku menimbang dan memilih. Dia juga merekomendasikan yang terbaik buat dekornya, tapi tetep keputusan ada di aku buat ambil opsinya atau enggak. Mereka juga bikinin RAB sekalian perkiraan biaya per-item dekorasi yang dipilih. Jadi, aku sebagai client bisa memperkirakan budgetnya abis berapa.

Pas hari H, suka banget sama dekorasinya apalagi pelaminannya. Sesuai banget sama yang ada di pikiran aku. Kalau beda bahaya sih, bisa BT pas hari pernikahan. Hehehe. Gak cuma pelaminan, photobooth juga di dekor sesuai sama request.

Feliz Decoration
Dekor Panggung Musik by Feliz Decoration

Feliz Decoration
Gazebo by Feliz Decoration

Feliz Decoration
Photobooth Area by Feliz Decoration

Feliz Decoration
Dekor Lorong by Feliz Decoration

Feliz Decoration
Photo Gallery by Feliz Decoration


Dekorasi lorong juga full, dan dekornya pas menurutku. Gak terlalu rame, dan gak terlalu sepi. Pokoknya suka!

Wina Catering


Yup, jadi selain Wina Wedding Organizer mereka punya Wina Catering. Jadi otomatis yang pakai WO mereka, cateringnya juga dari mereka.

Wina Catering ini usaha yang udah cukup lama, bahkan sebelum WO usahanya catering dulu. Mama aku aja tau Wina Catering karena cukup terkenal dari dulu ternyata. So, buat rasa udah gak diragukan lagi ya.

Wina Catering

Wina Catering

Ada hal lain yang bikin aku suka sama Wina Catering selain karena udah sepaket sama WO, yaitu petugas cateringnya yang rapi dan menjaga kebersihan, juga dekorasi prasmanan sama stallnya yang cakep. Tetep ya, hal kecil ini penting buat aku pribadi.


Wina Catering

Wina Catering

Wina Catering


Wina Catering

Kewes Kebaya


Vendor untuk kebaya pilihanku adalah Kewes Kebaya. Aku pribadi sih tau ownernya, dan emang udah tertarik dari awal buat pake wadrobe dari sini. Sebelum janjian buat fitting, aku pilih-pilih dulu kebaya atau gaunnya di instagram dan nanti diliatin ke petugasnya. Selain itu, calon pengantin juga bisa banget nanya siapa tau ada kebaya atau gaun baru yang belum di upload di instagram.

Aku pribadi sih milih kebaya sama gaun yang sudah ada. Tapi, calon pengantin juga bisa sewa perdana dengan tambahan biaya tertentu. Tentunya, jadi orang pertama yang pake kebaya atau gaun tersebut.

Untuk akad, aku pilih kebaya putih dan sampingnya juga putih-coklat. Konsepnya pengantin sunda siger. Tadinya mau pake kebaya yang cuma selutut, tapi Mama lebih suka yang panjang. Baiklah.

Kewes Kebaya

Kewes Kebaya


Untuk gaun, aku pilih yang fit body karena gak mau ribet dengan buntut panjang atau rok yang mengembang. Pengen bener-bener simple dan dipilihlah gaun ini. Sendal yang digunakan juga pendek, cuma 5cm.

Gaun yang model gini juga gak bikin ribet pas foto bareng. Gak akan keinjek, atau jadi penyot roknya kalau foto bareng hehe.

Kewes Kebaya

Kewes Kebaya

Kewes Kebaya

Desain Undangan

Untuk desain undangan sendiri, aku percayakan sama Dian. Partner kerjaku pas di Jakarta. Masih dalam rangka perfeksionis, jadi aku pengen desain undangannya sesuai sama apa yang ada di otak aku. Dan Dian bisa merealisasikannya. So happy!


Deisa Project


Kalau ini vendor foto yang mengabadikan hari pernikahanku. Photographernya ramah, dan hasil fotonya juga bagus.Untuk album foto, dikemasnya niat banget pake semacam peti harta karun eheheh.

Sebenernya uktuk vendor foto, kamu bisa milih yang sesuai sama keinginan kamu.Tiap vendor foto punya ciri khas dan tone warna masing-masing. Misalnya Deisa ini menurutku clean dan cold. Jadi warnanya terang, gak warm.

Ini beberapa moment yang diabadikan Deisa Project:








Vendor Lainnya

MC           : Kang Gusli Ardiansyah
Venue       : Grand Metro Hotel, Ballroom
MUA        : Rini Azzura
Seserahan : Winakoe

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.