Skincare untuk Kulit Kering dan Berjerawat (Aman untuk Bumil)

Sejak hamil, kulit jadi kering banget, terutama kulit wajah. Gak cuma kering, jerawat perlahan muncul di beberapa titik wajah seperti pipi, hidung, dagu dan jidat. Ditambah, aku lagi gak pake skincare apapun karena harus beralih dari skincare sebelumnya ke skincare yang aman untuk ibu hamil.

Drama mual muntah di bulan pertama bikin aku bedrest. Boro-boro mikirin kondisi kulit, yang ada mikirin gimana caranya makan dan gak muntah. Kulit bener-bener gak keurus.

Masuk akhir trisemester pertama, akhirnya mual muntahnya perlahan berkurang sampai jarang banget. Sejak saat itu, mulai deh mikirin perawatan kulit karena udah sedih banget liat kulit kering dan jerawatan. Ditambah aku tangannya gak bisa diem, jadi deh jerawatnya berbekas.

Setelah Googling dan nanya temen-temen di Instagram, aku akhirnya dikasih beberapa rekomendasi skincare yang aman untuk ibu hamil (berdasarkan pengalaman mereka dan konsultasi dokter). Dari sekian banyak rekomendasi, aku tertarik sama rekomendasinya cici Vanes yaitu Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner dan Skin1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule. Kenapa? Karena sebenernya dari dulu juga udah pengen cobain skincare yang katanya bangus banget itu, dan mungkin sekarang momen yang tepat buat nyobain karena aman buat bumil juga.




Karena takut gak cocok, aku akhirnya nyobain dulu kemasan kecilnya dengan sistem share in jar. Belinya dimana? Banyak kok di e-commerce atau instagram. Tapi kamu pastikan dulu tokonya dan tanya dulu proses pemindahannya steril apa enggak karena sebenernya skincare yang share in jar gitu rentan terkontaminasi. Yaiyalah, dipindah wadah. Tapi karena gak mau rugi kalau beli full size gak cocok, akhirnya tetep teguh pendirian nyobain yang share in jar dulu aja.

Apa itu Skin1004?


Skin1004 ini sering disebut Skin Angle. Klaimnya, produk berbahan centella asiatica satu ini lebih unggul dari brand lain. Btw, centella asiatica ini memang lagi naik daun untuk jadi bahan andalan produk skincare, terutama skincare dari Korea. Terus kenapa namanya Skin Angle?

Jadi, dalam bahasa Korea 1000 artinya cheon, sedangkan 4 artinya sa. Kalau digabung, dibaca cheonsa yang dalam bahasa Korea artinya Angle.  Produk andalan brand ini adalah seri Madagascar Centella Asiatica. Sesuai namanya, centella asiatica Skin Angle menggunakan centella asiatica dari Pulau Madagascar yang beda dari produk lainnya.

Katanya, Madagascar Centella Asiatica ini punya 3 senyawa yang berperan penting dalam perbaikan kulit, yaitu:

1. Asiatisocide
Berfungsi untuk menyeimbangkan kadar air dan minyak di kulit

2. Asiatic Acid
Kaya anti-oksidan serta mampu memperkuat skin barrier.

3. Madecassic Acid
Mampu memperbaiki jaringan kulit yang terluka dan mempercepat penyembuhan kulit

Nah, aku cuma pake 2 produk dari seri ini yaitu Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner dan Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule.

Review Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner


Toner ini mengandung niacinamide yang membantu mencerahkan kulit dan hyaluronic acid sebagai bahan aktif untuk melembabkan kulit. Toner ini cocok banget buat aku yang punya kulit sensitif. Gak ada wangi sama sekali, bebas paraben dan gak ada alkoholnya. 



Tektur dari toner ini sangat cair, jadi mudah meresap dan yang paling penting gak lengket. Jadi gak perlu nunggu waktu lama tonernya menyerap.

Klaim melembabkan kulitnya juga menurut aku gak lebay karena kulit aku yang tadinya kering parah berangsur membaik dan kulit pun berasa lebih calm menskipun jerawat masih ada karena hormon kehamilan. Tekstur kulit juga terasa lebih halus setelah sebelumnya kasar karena kering.

Review Skin1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule


Produk ini terbuat dari 100% ekstrak centella asiatica. Terdiri dari 30% asiaticoside untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit, 30% asiatic acid untuk meningkatkan lapisan perlindungan kulit, dan 40% madecassic acid untuk memperbaiki kulit yang bermasalah.

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule ini ada 2 kemasan, yaitu kemasan 100 ml dan kemasan 50 ml.




Teksturnya cair, jadi gak lengket pas dipake tidur dan gampang meresap. Uniknya juga, ampoule ini gak cuma bisa dipake langsung ke kulit, tapi bisa juga dipakai campuran masker, dijadikan facial mist (dengan campuran air) atau dicampur dengan moisturizer.

Aku pribadi gak ngalamin breakout, malah langsung kerasa gitu khasiatnya. Bangun tidur kulit lebih kenyal dan lembab, jadi gak kusam lagi kulitnya. Untuk masalah jerawat, aku gak terlalu pengen jerawatnya hilang karena memang hormon kan. At least, kulitnya terawat, gak kusam, dan gak kering. Masalah bekas jerawat juga sepertinya akan ditangani pasca melahirkan saja. Sabar, satu persatu.

Buat kamu yang ragu beli full size, kamu juga bisa beli share in jar dulu aja. Kalau memang cocok, bisa langsung beli yang fullsizenya deh. Atau, kamu bisa ajak temen kamu buat patungan beli yang full size dan nanti dibagi sendiri. Jangan lupa, pastikan botolnya steril dan proses pemindahannya benar ya!

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.