Budget Liburan ke Turki!

Turkey
Nah, ini dia yang ditanyakan banyak orang mengenai solo traveling ke Turki kemaren yaitu BUDGET! Sebagai orang yang gak detail sama pengeluaran, menghitung budget liburan itu agak PR karena harus nginget-nginget lagi pengeluaran selama liburan.

Budget Liburan ke Turki


Sebenernya mahal enggaknya liburan ke Turki itu relatif (ini bahasa yang basi banget, tapi emang bener!). Untuk nilai tukar Turki Lira terhadap Indonesia Rupiah emang lagi turun. Jika dikonversi, 1 TL = 2663,00 Rupiah. Pedahal di awal tahun 2018, nilai lira terhadap rupiah masih berada di level Rp3.500. Ini salah satu keuntungan sih buat kita liburan ke Turki haha. 

Jadi, budget buat liburan ke Turki berapa nih? Mari kita bahas berdasarkan jenis pengeluarannya ya.

Budget Transportasi


  • Pesawat
Tiket Pesawat ke Turki memang terbilang cukup mahal, makannya mendingan nunggu promo. Pilihan maskapainya ada Oman Air yang transit di Muscat, Saudia yang transit di Jeddah, Garuda Indonesia dan Turkish Airlines (direct flight), Etihad yang transit di Abu Dhabi, Qatar Airlines yang transit di Doha, dan masih banyak lagi sebenernya.

Budget Liburan ke Turki
Transit di Doha

Harga paling murah untuk rute Jakarta-Istanbul adalah sekitar 8 juta rupiah. Super hemat kalau kamu langsung ambil penerbangan pulang-pergi, harganya masih sama sekitar 8 jutaan. Kemarin aku menggunakan Qatar Airways dengan harga tiket 8 jutaan untuk pulang pergi. Tapi kalau kamu beruntung, kamu bisa dapet harga 6 jutaan aja untuk pulang-pergi loh dengan Saudia!

Untuk pesawat antar kota di Turki, harganya murah. Rute Istanbul-Kayseri harganya 100TL atau sekitar Rp270.000 dengan maskapai Turkish Airlines. Apalagi ke Ankara, harganya cuma 140TL untuk pulang-pergi! Murah kan???

Budget Liburan ke Turki
Window Seat View

  • Transportasi Umum di Istanbul
Untuk transportasi lokal di Istanbul ada banyak pilihan. Ada bus, metro, tram, Funikuler hingga Ferry. Harganya mulai dari 2TL untuk sekali jalan atau sekitar 5 ribuan dalam rupiah.

Budget Liburan ke Turki
Bus dan Taksi di Istanbul


Baca selengkapnya mengenai transportasi umum di Istanbul disini.

  • Bus Antar Kota
Harga bus antar kota di Turki bervariasi tergantung jaraknya. Harganya mulai dari 30TL.  Bus yang pernah aku coba diantaranya Kamil Koc dan Pamukkale. Bus bisa dipesan online dan juga bisa dapet free pick up sama minibus di beberapa titik yang udah ditentukan. Lumayan hemat ongkos ke terminal bus.

Bus antar kota di Turki berbeda dengan di Indonesia, mereka memiliki Pramugara. Gak cuma bantuin penumpang nyimpen barang ke bagasi, Pramugara ini bertugas buat ngasih minuman, kopi dan snack ke penumpang (free). Selain itu, bis disana juga dilengkapi fasilitas TV dan charger USB.

Budget Liburan ke Turki

Budget Liburan ke Turki

Budget VISA


Pembuatan Visa Turki untuk warga Indonesia emang gampang. Pilihannya bisa e-Visa atau Visa on Arrival (VOA). Kalau kamu mau menghemat, kamu mendingan apply e-VISA karena lebih murah. Harga pembuatan e-Visa adalah 26USD atau sekitar Rp370.000.

Budget Liburan ke Turki


Info lengkap mengenai apply Visa Turki bisa kamu baca disini.

Budget Penginapan


Ada berbagai macam pilihan penginapan di Turki dengan berbagai fasilitas. Yang paling murah adalah penginapan dengan harga dibawa Rp100.000 dengan fasilitas dormitory room, 1 kamar minimal 4 orang. Semakin banyak kasur yang tersedia di setiap kamar, harganya semakin murah

Kalau kamu gak bisa tidur di dormitory room, kamu bisa sewa private room tapi dengan harga yang lebih mahal sekitar Rp200.000. Tapi di Antalya, aku pernah menemukan private room dengan harga 5 USD saja~

Rajin-rajin cek harga di internet aja dan aplikasi traveling yang ada diskonnya.

Budget Liburan ke Turki
Dormitory Room di Hostel


Lengkapnya, kamu bisa cek disini buat macam-macam opsi penginapan di Turki.


Budget Makan


Makanan di Turki mahal-mahal gak sih? Jawabannya: Tergantung! Hehehe

Untuk doner, burger atau roti-rotian lainnya kamu bisa dapetin dengan harga mulai dari 6TL atau sekitar Rp16.000.

Kebab adalah makanan yang wajib kamu coba disana. Kebab Turki di negara asalnya beda banget sama di Indonesia. Harga kebab disana mulai dari 20TL atau sekitar 50 ribuan. Kebab disajikan di piring besar dengan berbagai sayuran mentah.

Kamu juga bisa makan di restaurant yang menyajikan makanan rumahan Turki, harganya lebih murah daripada restaurant biasa. Aku pernah makan nasi, ayam dan air mineral cuma 9TL atau sekitar Rp25.000, kalau di restaurant harganya bisa 20TL loh.

Harga fastfood disana juga gak jauh beda sama di Indonesia. Kamu bisa menemukan KFC, McD, Burger King dan berbagai makanan cepat saji lainnya.

Turki punya sarapan khas, namanya Turkish Breakfast. Kamu bisa nyobain sensasi sarapan ala turki di Van Kalvahti Evi di Taksim. Disana, kamu bisa menikmati Turkish Breakfast dengan harga 30TL atau sekitar Rp80.000. Selain nyobain Turkish Breakfast, kamu juga bisa nyobain makanan khas Turki lainnya dan free Turkish Tea! Ulasan lengkapnya bisa kamu cek disini.

Budget Liburan ke Turki


Kalau ke Turki, jangan lupa juga cobain dessert khasnya yaitu Kunefe dan Baklava. Mau baca reviewnya dulu? Klik disini.

Untuk makanan khas Turki, kamu harus nyobain atleast sekali selama liburan disana. Biar hemat, sehari-hari kamu bisa makan makanan yang harganya relatif murah atau bahkan bisa masak sendiri kalau sewa apartemen yang ada dapurnya. Makanan murah yang bisa ganjel perut juga banyak, salah satunya Simit, roti khas Turki.

Kamu bisa menemukan Simit di hampir setiap jalan karena memang dijual dimana-mana. Harganya cuma 3TL tanpa Nutella dan 4TL dengan Nutella.



Budget Liburan ke Turki



Budget Wisata


Wisata di Turki ini didominasi sama wisata sejarah dan museum. Menurutku harganya lumayan mahal dibanding  di Indonesia. Meskipun lebih mahal, tapi fasiliitas dan kenyamanannya emang oke sih.

Hagia Sophia


Selain museum dan wisata sejarah, ada juga wisata alamnya kok. Rincian HTM tempat wisata yang aku kunjungin di Turki diantaranya:

Aya Sofya : 60TL
Topkapi Palace : 60TL
Dolmabahce Palace : 60TL
Istanbul Archaeology Museum : 30TL
Galata Tower : 35TL
Derinkuyu Underground City: 35TL
Kaymakli Underground City: 35TL
Goreme Open Air Museum: 45TL
Hierapolis Archaeological Site: 50TL
Hot Air Balloon Cappadocia: 170 Euro/1000TL

Dan beberapa tempat wisata lainnya yang lupa harganya. Di Turki juga banyak taman loh, jadi kamu bisa sekedar jalan-jalan di taman dan gratis.

Baca juga: Goreme Open Air Museum, Turki

Solo Traveling ke Turki


Sebenarnya, untuk traveling ke Turki kamu bisa atur budget sesuai dengan kemampuan kamu. Yang paling memakan biaya adalah tempat wisata. Museum di Turki cukup mahal dibanding dengan museum di Indonesia. Untuk transportasi dan tempat menginap harganya standar, bahkan pesawat di Turki antar kota lebih murah daripada di Indonesia.

Jangan lupa biaya darurat ya kalau traveling ke Turki untuk berjaga-jaga saja. Kalau ada pertanyaan mengenai budget liburan ke Turki, boleh banget DM di instagram atau by email di wijayaoktavia@gmail.com. Kamu juga bisa baca tentang solo traveling ke Turki disini.

Selamat menyusun budget liburan ke Turki!



Join the conversation!

  1. Paling seneng kalo makan di Turki tuh pertama-tama di suguhi salad, bukan kobokan :v
    Wisata Turki emang mahal banget ya Rabb, thats why aku ga naek balon udara di Cappadocia karna ga ada duit :vv

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha iya banget! Sama enak banget abis makan minum Ƨay. Aku juga niatnya gak akan naik tapi tergoda juga akhirnya wkwk

      Delete
  2. Nemu tulisan ini pas banget mau ke turki, thanks yo sharingnya

    ReplyDelete
  3. mupeng bener ni lihat artikel ini. semoga kesampaian de akunya ke Turki

    ReplyDelete
  4. Seru banget aku baca ini mba. Jadi ngerasain serunya liburan kamu di sana. Budget 20 jutaan bisa sampai Turki ya.

    ReplyDelete
  5. baru sekali ke turki, itupun cuma seharii hahahaha. cuma sempet jalanan di istanbul. kebetulan krn istanbul deket ama sofia bulgaria, jd iseng aja kesana PP. pergi malam pake bus, sampe pagi lgs jalan, malamnya pulang lg ke sofia :D.

    ga puas sih, hrs dtg lg utk lbh banyak eksplor turki. aku sendiri paling suka ama museum2 di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyasih parah museumnya, nilai historisnya juga keren banget. Cape pasti PP gituu

      Delete
  6. Mba ke turki pergi sendiri ?

    ReplyDelete
  7. Mupeng, Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad...

    ReplyDelete
  8. Aaaaa pengen kesana, tapi bener ga si kak tiket pesawat itu lebih murah kalo winter/autumn?

    ReplyDelete
  9. seneng kalau lihat orang yang jalan-jalan ke luar negeri .....
    aku ga pintar bahasa luaršŸ¤¦šŸ½‍♀️
    bahasa inggris aja , ga ngertišŸ¤­

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.