Gak Perlu Visa, cukup Paspor Indonesia untuk Berkunjung ke Negara ini!

Indonesia
Udah baca cerita aku tentang gimana bikin Visa buat ke Turki? Se-gampang itu bikin Visa ke Turki. Cuma butuh waktu beberapa menit buat ngisi data, apply, bayar, dan e-Visa udah masuk ke email. Tinggal di print deh! Gampang banget beneran!

Buat yang belum baca gimana caranya bikin Visa Turki, kamu bisa liat disini: Cara bikin Visa Turki

Gak perlu visa untuk pemegang paspor indonesia

Ternyata gak cuma Turki dan negara tetangga saja, jalan-jalan ke luar negeri tanpa Visa bisa kamu lakukan di banyak negara lainnya. Kekuatan paspor Indonesia yang baik, membuat daftar negara yang membebaskan syarat Visa bagi pemegang paspor Indonesia bertambah.

Henley Paspor Index merilis daftar lengkap 77 negara bebas Visa yang berlaku bagi pemegang paspor Indonesia. Tapi, kebijakan dari setiap negara berbeda. Ada yang benar-benar membebaskan Visa, ada yang mempermudah dengan e-Visa dan Visa on Arrival, ada juga yang menetapka bandara tertentu yang bisa bebas Visa.

Berikut daftar lengkap 77 negara bebas Visa untuk pemegang paspor Indonesia:


1. Angola – Visa on arrival 30 hari
2. Armenia – eVisa atau Visa on arrival 120 hari
3. Azerbaijan – Visa on arrival atau eVisa 30 hari
4. Belarus – Bebas visa 30 hari ( harus mendarat di Bandara Internasional Minsk)
5. Bolivia – Visa on arrival atau eVisa 90 hari
6. Brasil – Bebas visa 30 hari
7. Brunei – Bebas visa 14 hari
8. Kamboja – Bebas visa 30 hari
9. Cape Verde – Visa on arrival
10. Chile – Bebas visa 90 hari

11. Kolombia – Bebas visa 90 hari, bisa diperpanjang jadi 180 hari
12. Comoros – Visa on arrival 45 hari
13. Pantai Gading – eVisa, harus mendarat di Bandara Port Bouet
14. Kuba – Tourist card 30 hari
15. Djibouti – eVisa atau Visa on arrival
16. Dominica – Bebas visa 21 hari
17. Ekuador – Bebas visa 90 hari
18. Ethiopia – eVisa atau Visa on arrival
19. Fiji – Bebas visa 120 hari
20. Gabon – eVisa atau Visa on arrival, harus mendarat di Bandara Internasional Libreville


21. Gambia – Bebas visa 90 hari ditambah izin dari Imigrasi Gambia
22. Guinea-Bissau – eVisa atau Visa on arrival 90 hari
23. Guyana – Bebas visa 30 hari
24. Haiti – Bebas visa 90 hari
25. Hong Kong – Bebas visa 30 hari
26. India – eVisa 30 hari di 24 bandara dan 3 pelabuhan
27. Iran – Visa on arrival 30 hari
28. Jepang – Bebas visa untuk pemegang e-paspor
29. Yordania – Visa on arrival 90 hari
30. Kenya – eVisa atau Visa on arrival 90 hari


31. Kyrgystan – eVisa atau Visa on arrival 30 hari mendarat di Bandara Internasional Manas
32. Laos – Bebas visa 30 hari
33. Lesotho – eVisa atau Visa on arrival
34. Macau – Bebas visa 30 hari
35. Madagaskar – Visa on arrival gratis 90 hari
36. Malawi – Visa on arrival 30 hari bisa diperpanjang jadi 90 hari
37. Malaysia – Bebas visa 90 hari
38. Maldives – Visa on arrival gratis 30 hari
39. Mali – Bebas visa 30 hari
40. Marshall Island – Visa on arrival 90 hari


41. Mauritania – Visa on arrival di Bandara Internasional . Nouakchott-Oumtounsy
42. Mauritius – Visa on arrival 60 hari
43. Micronesia – Bebas visa 30 hari
44. Maroko – Bebas visa 90 hari
45. Mozambique – Visa on arrival 30 hari
46. Myanmar – Bebas visa 14 hari
47. Namibia – Bebas visa 90 hari
48. Nepal – Visa on arrival 90 hari
49. Nikaragua – Visa on arrival 90 hari


50. Oman – eVisa atau Visa on arrival 30 hari
51. Palau – Visa on arrival 30 hari
52. Palestina – Bebas visa tanpa keterangan durasi
53. Papua Nugini – Visa on arrival gratis 60 hari, perpanjang dengan biaya tambahan
54. Peru – Bebas visa 180 hari
55. Filipina – Bebas visa 30 hari
56. Qatar – Bebas visa 30 hari, dari Bandara Internasional Hamad
57. Rwanda – Bebas visa 90 hari
58. Saint Kitts and Nevis – Bebas visa 90 hari
59. Samoa – Entry permit 60 hari


60. Serbia – Bebas visa 30 hari dalam 1 tahun berjalan
61. Seychelles – Visitor’s Permit gratis 30 hari
62. Singapura – Bebas visa 30 hari
63. Somalia – Visa on arrival 30 hari di Bandara Bosaso, Galcaio dan Mogadishu
64. Srilanka – eVisa atau Visa on arrival 30 hari
65. St. Vincent and the Grenadines – Bebas visa 30 hari
66. Suriname – Tourist Card 90 hari
67. Tajikistan – Visa on arrival 45 hari
68. Tanzania – Visa on arrival
69. Thailand – Bebas visa 30 hari


70. Timor Leste – Visa on arrival 30 hari
71. Togo – Visa on arrival 7 hari
72. Turki – eVisa atau Visa on arrival 30 hari
73. Tuvalu – Visa on arrival 30 hari
74. Uganda – eVisa atau Visa on arrival
75. Uzbekistan – Bebas visa 30 hari
76. Vietnam – Bebas visa 30 hari
77. Zimbabwe – eVisa atau Visa on arrival 90 hari

Jadi makin gampang kan ke luar negeri dengan kebijakan bebas Visa di 77 negara ini? Karena ada banyak banget yang males ke luar negeri hanya karena males urus Visa yang ribet.

Berkunjung ke luar negeri bukan berarti kamu gak cinta sama negara sendiri loh. Terkadang kamu juga butuh keluar dari zona nyaman untuk belajar banyak disana, melihat lebih luas, dan bersyukur. Ada banyak hal baru diluar sana, dan ada banyak pula hal yang bisa kamu bawa dari negeri ini keluar sana.

Setuju?

Join the conversation!

  1. saya baru aja bikin e visa untuk ke azerbaijan mbak, bulan agustus nanti akan berangkat, semoga lancar deh saya travelling kesana nantinya...

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke LN. Moga suatu saat kesampaian biar pengalaman makin bertambah

    ReplyDelete
  3. wah ada 77 negara bebas visa ya? informasi yang menarik nih. Surga bagi para traveller ... !

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.