Persiapan Liburan Musim Dingin ke Turki

Turkey
Turki memang menjadi salah satu destinasi favorite untuk liburan. Selain letaknya yang berada diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Eropa, Turki juga menyuguhkan banyak keindahan arsitektur dan sejarah yang menarik untuk dipelajari.

Aku mengunjungi Turki akhir tahun lalu, bertepatan dengan musim dingin disana. Perjalanan jauh itu, ditempuh sendirian selama satu bulan. Gimana rasanya solo traveling di Turki? Seru! Dan beberapa hari sebelum pulang ke Indonesia, aku bener-bener sedih karena betah banget ternyata disana hehe.

Persiapan Liburan Musim Dingin ke Turki


Nah buat kamu yang mau liburan ke Turki di musim dingin, aku bakalan share apa aja yang harus disiapkan sebelum liburan kesana. Silahkan di simak, semoga bermanfaat!

  • Keuangan
Perhatikan budget yang kamu butuhkan untuk liburan disana. Bawalah debit card yang dipastikan bisa dipakai disana, bawa juga credit card bila perlu. Sebaiknya, tukarkan dulu uang rupiah ke dollar sejak di Indonesia, jadi pas di Turki tinggal nuker dollar ke Turkish Lira deh!

Kamu bisa tarik tunai juga disana dengan biaya penarikan Rp25.000. Dana yang keluar juga bisa dipilih mau USD, TL atau Euro. Pastikan mesin ATM yang kamu gunakan ada logo VISA ya.

Kartu debit berlogo VISA atau kartu kredit kamu juga bisa kamu gunakan untuk booking hotel, bayar belanjaan, dll. Kalau aku kemarin bawa 2 card, yaitu BNI dan Jenius. Jenius card ini beneran berguna banget buat booking Airbnb dan bayar hotel yang harus dibayar dengan kartu kredit.

  • Outfit
1. Jaket
Karena disana musim dingin, kamu wajib banget bawa mantel atau jaket tebal. Tapi saranku, kalau misalkan kamu gak punya dan baru mau beli, mendingan beli disana aja. Mantel atau coat disana jauh lebih murah daripada di Indonesia loh!

Persiapan Liburan Musim Dingin ke Turki


Usahakan bawa jaket yang bener-bener bikin badan kamu hangat. Sweater yang dipakai sebelum jaket juga bisa bikin badan kamu hangat. 

2. Long Jhon / Uniqlo Heattech
Keduanya adalah tipe pakaian dalam yang panjang dan hangat. Fungsinya adalah menjaga suhu tubuh sehingga kita gak hipotermia. Aku kemarin pakenya Uniqlo Heattect yang super warm.

3. Sepatu
Di musim dingin, pastikan kaki kamu hangat. Makannya, menurutku boots adalah pilihan yang tepat. Selain melindungi kaki dari udara dingin, boots juga biasanya tahan air. Jadi aman digunakan ketika turun salju.

Yang terpenting, pakai sepatu yang bener-bener nyaman buat kaki kamu karena disana kamu bakalan banyak jalan kaki.


Persiapan Liburan Musim Dingin ke Turki


4. Kupluk dan Penutup Telinga
Ini penting banget buat menghangatkan kepala, apalagi buat yang gak pake hijab. Salju yang dingin bisa bikin sakit kepala loh! Telinga yang hangat juga bikin kamu lebih nyaman buat jalan-jalan diluar pas musim dingin.

5. Syal dan Sarung Tangan
Selain telinga, leher juga sensitif banget sama udara dingin. Pilih syal sesuai keinginan kamu ya, yang penting bikin leher kamu hangat. Tangan kamu juga jangan lupa dihangatkan dengan sarung tangan.

Persiapan Liburan Musim Dingin ke Turki


  • Pelembab
Udara yang dingin bikin kulit kamu kering. Makannya, pelembab jadi satu hal yang gak boleh lupa kamu bawa kemana-mana. Bukan cuma kulit muka doang yang butuh pelembab, bibir juga butuh loh jadi jangan lupa pakai pelembab bibir juga ya!

  • Obat-obatan
Persiapkan beberapa obat untuk keadaan darurat seperti obat pusing, demam, sakit perut, diare, obat luka dll. Disana, kamu belum tentu bisa membeli obat di apotek jadi untuk pertolongan pertama mendingan pakai obat sendiri ya!

  • Internet akses
Menurutku, internet akses ini penting banget. Aku sangat membutuhkan internet buat googling tempat wisata, penginapan, penunjuk jalan sampai moda transportasi. Saranku, kamu mending beli paket internet disana daripada nungguin wifi di public places atau restaurant.

  • Bahasa
Pelajari beberapa kata sederhana dalam bahasa Turki seperti selamat pagi, terima kasih, iya, tidak, sampai jumpa, dll. Nah, internet juga sangat berguna untuk mengakses Google translate ketika lawan bicaramu tidak bisa menggunakan bahasa Inggris.

Persiapan Liburan Musim Dingin ke Turki

Persiapan Liburan Musim Dingin ke Turki


Setelah persiapan dilakukan, kamu tinggal berangkat dan menikmati liburan kamu disana. Jangan terlalu banyak mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, apalagi kalau sampai bikin kamu stress. Liburan kok malah bikin stress sih?

Join the conversation!

  1. saya berencana ke Turki tahun depan mbak, di musim dingin. noted beberapa hal penting yang harus dibawa. kayaknya bakalan beli baju hangat disana nanti. thanks tips nya

    ReplyDelete
  2. Aaaaaaakh, pen ke saljooooeeeeeeeee :'

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.