Jaga Kesehatan Ginjal dengan Mencukupi Kebutuhan Hidrasi

Siapa yang hanya minum ketika haus saja? Aku! Apalagi pas sibuk, atau lagi ngerjain hal yang serius. Malah kadang-kadang haus pun diabaikan kalau lagi mager. Ada yang kayak gini juga?

Baru satu paragraf pendek, aku menghentikan gerak tanganku saat melihat gelas di mejaku sudah kosong. Aku berdiri mengambil gelas di meja dan berjalan menuju dispenser. Setelah mengisi gelas hingga penuh, aku kembali ke meja dan meletakan gelas berisi air, lalu melanjutkan apa yang tadi sempat ku tunda.

Jaga kesehatan ginjal


Mungkin ada banyak diantara kita yang hanya minum ketika merasa haus. Rasa haus dianggap sebagai sinyal dari tubuh yang mengingatkan manusia untuk minum. Padahal, minum air putih ketika haus itu gak bagus loh!

Rasa haus adalah tanda bahwa tubuh kamu udah lama banget butuh air alias dehidrasi. Gak cuma bikin kamu haus, dehidrasi juga bikin kamu pusing, kelelahan, stamina berkurang, kram otot, gampang tersinggung, dan beberapa bagian tubuh terasa kering.

Lebih parahnya lagi, dehidrasi kronis akan berdampak pada fungsi ginjal serta meningkatkan resiko batu ginjal. Serem kan?


Apa itu Penyakit Ginjal?

Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal. Normalnya, fungsi ginjal adalah:
  • Menyaring limbah tubuh (zat kimis, obat-obatan, makanan) dalam darah
  • Menjaga keseimbangan kadar garam, mineral, cairan dan asam darah dalam tubuh
  • Menghasilkan eritropoetin (hormon yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah)
  • Menghasilkan renin (enzim yang membantu mengatur tekanan darah)
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang
Nah, kebayang kan kalau fungsi ginjal terganggu?

Jaga kesehatan ginjal


Ternyata gak main-main, lebih dari 850 juta orang di dunia mengidap penyakit ginjal menurut data dari International Society of Nephrology (ISN). Jumlah ini dua kali lipat dari jumlah pengidap diabetes (422 juta orang) dan 20 kali lebih banyak dari prevelensi kanker (42 juta orang). Kalau di Indonesia gimana?

Prevalensi penyakit ginjal kronis di Indonesia mencapai angka 3,8 permil, meningkat dari tahun 2013 yang jumlahnya 2,0 permil. Artinya, ada 3.800 orang dari satu juta orang yang mengidap penyakit ginjal kronis.

Jangan sampai angka penderita penyakit ginjal terus meningkat, makannya pencegahan terhadap hal tersebut penting banget salah satunya dengan banyak minum air putih.


Berapa Kebutuhan Air Minum Setiap Harinya?

Katanya sih manusia membutuhkan 2,5 liter air perhari atau sekitar 8 gelas. Tapi ternyata, kebutuhan air minum setiap individu akan berbeda, tergantung dengan kegiatannya, apa yang dikonsumsi dan kondisi tubuh masing-masing.

Jaga kesehatan ginjal

Di acara World Kidney Day 2019 yang diselenggarakan Danone-AQUA hari Minggu, 24 Maret 2019, aku mencoba menghitung kebutuhan air minum dengan menggunakan AQUA Hydration Calculator yang baru saja diresmikan untuk diluncurkan.

AQUA Hydration Calculator ini bisa menghitung kebutuhan hidrasi perorangan dengan menggunakan urine chart. Tujuannya, untuk mengedukasi akan pentingnya menjaga kebutuhan hidrasi harian. Dengan AQUA Hydration Calculator ini juga aku jadi tahu kalau kebutuhan air minum setiap orang itu berbeda-beda.

Awalnya, aku memberikan data usia, tinggi badan dan berat badan. Kemudian aku ditanya mengenai kegiatan harian, frekwensi olahraga, makanan dan minuman yang dikonsumsi (soda, kopi, gula, dll). Setelah semua data yang diperlukan diisi dengan lengkap, hasilnya akan keluar.

Ternyata, aku hanya membutuhkan 2 liter air minum perhari karena kurang bergerak aktif. Hasilnya akan berbeda kalau aku rajin berolahraga karena keringat yang dikeluarkan lebih banyak. Konsumsi soda, kopi, dan minuman manis juga berpengaruh loh sama kebutuhan air minum kamu perharinya.


Selain AQUA Hydration Calculator, Ada Apa Lagi di Acara World Kidney Day 2019?

Acara yang diselenggarakan Danone-AQUA ini penuh sama rangkaian kegiatan edukatif. Gak cuma tentang kebutuhan air minum perhari, tapi juga dampak dari kurang minum, pentingnya melakukan gaya hidup sehat, funwalk, zumba hingga edukasi tentang #BijakBerplastik.

Jaga kesehatan ginjal

Jaga kesehatan ginjal

Jaga kesehatan ginjal

Jaga kesehatan ginjal


Jaga kesehatan ginjal


Edukasi yang diberikan juga dari pakarnya loh, ada:
  • Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK, ketua Indonesia Hydration Working Group (IWHG) 
  • Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FK UI
  • Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA
  • Adinia Wirasty, aktris dan pelaku gaya hidup sehat
Informasi yang diberikan benar-benar bermanfaat, apalagi untuk orang yang belum tahu mengenai efek dari hidrasi dan kebutuhan air minum setiap orang perharinya. Aku yang tadinya abai sama jumlah konsumsi air minum perharinya jadi aware sekarang.


Jaga kesehatan ginjal

Jaga kesehatan ginjal

World Kidney Day ini rutin diadakan oleh Danone-AQUA setiap tahunnya sebagai bentuk dukungan dan peringatan kepada masyarakat tentang pentingnya pemenuhan hidrasi untuk menjaga kesehatan ginjal sesuai dengan misi Danone-AQUA untuk terus menginspirasi masyarakat Indonesia dalam hidrasi sehat serta membawa kesehatan melalui makanan dan minuman ke sebanyak mungkin orang.

Seneng banget ngeliat aksi nyata sebuah brand yang konsisten memberikan kebaikan kepada masyarakat dan memelihara keberlangsungan alam.

Peserta funwalk ternyata juga mendapatkan medali loh kalau berhasil sampe ke garis finish.

Jaga kesehatan ginjal


Jangan bayangkan tempat dilangsungkannya acara penuh dengan sampah botol plastik ketika ditinggalkan. Danone-AQUA menyediakan banyak tempat untuk menampung sampah, dan semua sampah itu akan didaur ulang. Percaya gak, daur ulang sampah plastik bisa jadi baju? Nih buktinya!

Jaga kesehatan ginjal

Jaga kesehatan ginjal

Jaga kesehatan ginjal


Jadi mulai sekarang, ubah kebiasaan minum ketika haus. Kasih tahu juga kerabat atau temen-temen deket kamu tentang hal ini, masa mau sehat  sendirian aja? Perhitungkan juga jumlah air yang dibutuhkan tubuh kamu, jangan abai lagi ya! Kalau gak dimulai sekarang, mau kapan? Masa nunggu sakit dulu baru sadar?


Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.