Pesona Cappadocia, Turkey (Plus Itinerary!)

Göreme, 50180 Göreme Belediyesi/Nevşehir Merkez/Nevşehir, Turkey
Traveling ke Turki gak afdol kalo gak ke Cappadocia, katanya.

Wisata di Cappadocia memang unik banget. Kamu bakalan disuguhi pemandangan luar biasa yang bikin kamu spechless. Bangunan disini mayoritas terbuat dari batu yang dipahat dari jaman dulu. Sejarahnya gimana nih?

Hot Air Balloon Cappadocia


Cappadocia atau bahasa lokalnya Kapadokya ini ditermukan dan dibentuk oleh Bangsa Het dari kerajaan Hittites lebih dari 3000 tahun yang lalu. Kerajaan ini merupakan salah satu imperium paling maju yang berkuasa dari 1700 SM dampai 1190 SM. Dalam bahasa lokal, Kapadokya artinya Land of Beautiful Horses atau negeri dengan kuda-kuda yang indah.

Formasi bebatuan unik di lembah dan ngarai terbentuk akibat hujan dan angin yang mengikis permukaan selama ribuan tahun silam dan menjadikannya pemandangan yang keren banget!  Batuan ini ada akibat erupsi gunung-gunung merapi selama sekitar 2 milyar tahun yang lalu. Karena kondisi alam, terbentuklah fairy chimney atau cerobong peri yang bentuk atap-atap rumahnya mirip jamur, runcing, topi dan kerucut.

Cara ke Cappadocia

Dari Istanbul, ada 2 pilihan yaitu menggunakan bus dan pesawat. Pesawat di Turki ternyata murah banget, harganya sama dengan bus. That's why aku milih ke Cappadocia dengan naik Turkish Airlines dengan harga 100TL atau setara Rp270.000 saja!

Turkish Airlines


Perjalanan menggunakan bus bisa 8-9 jam sedangkan naik pesawat cuma 1 jam saja. Bandara yang dituju adalah Kayseri, bisa juga ke bandara di Navsehir.

Dari bandara, kamu bisa langsung cari travel yang ke Cappadocia. Kalau kamu udah booking hotel, kamu tinggal bilang ke supirnya, nanti diantar langsung sampai depan hotel. Harga travel dari bandara ke Cappadocia 35TL.

Penginapan di Cappadocia

Ada banyak opsi penginapan di Cappadocia dari mulai hostel yang murah hingga hotel yang fancy. Biasanya, hotelnya berada di Goreme, pusat wisata di Cappadocia.

Kalau aku nginep di dorm hostel dengan harga 7 Euro/malam. Tempatnya bersih, include sarapan, tapi kamar mandinya di luar.

Goreme

Hotel Cave


Kamu wajib banget nginep di hostel atau hotel cave, ini khas banget. Hotel fancy biasanya harganya lumayan mahal tapi bisa dapet view ratusan Hot Air Balloon pas pagi-pagi. Keren parah!

Wisata di Cappadocia

  • Goreme Open Air Museum
Goreme Open Air Museum ini adalah museum di ruangan terbuka yang terdiri dari gua-gua dan merupakan museum terbuka terbesar di dunia! oreme Open Air Museum ini juga termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1985. 

Red Valley

Goreme Open Air Museum


Cerita lengkap mengenai Goreme Open Air Museum bisa kamu baca disini

  • Red Valley
Mau liat sunset syahdu di Cappadocia? Habiskan waktu sore-sore di Red Valley! Sambil liat pemandangan yang menawan, kamu juga bisa duduk-duduk dan ngemil di cafe sekitar Red Valley. Ada juga jasa foto yang langsung jadi, lumayan buat kenang-kenangan.

Red Valley

Red Valley


  • Underground City
Ada beberapa underground city di Turki, diantaranya adalah Derinkuyu Underground City dan Kaymakli Underground City.

Underground City

Underground City


Cerita lengkapnya bisa kamu lihat disini.

  • Hot Air Balloons
Ini dia wisata khas Cappadocia yang jadi inceran banyak wisatawan. Banyak loh yang dateng ke Cappadocia cuma buat naik hot air balloons disini.

Hot Air Balloons

Hot Air Balloons


Tapi, hot air balloons ini gak setiap hari terbang, tergantung cuaca. Kalau cuacanya tidak memungkinkan, operator bakalan langsung cancel flight dan dana dikembalikan.

Kalau kamu mau naik hot air balloons di Cappadocia, baiknya booking dari jauh-jauh hari secara online. Gak mau kan udah dateng kesana ternyata full booked?

Harga untuk penerbangan adalah mulai dari 130 Euro atau sekitar 2 juta rupiah. 

Hot Air Balloons

Hot AIr Balloons


Penasaran gimana rasanya naik balon udara di Cappadocia? Kamu bisa nonton videonya  disini.

  • Menunggang Kuda
Kamu tau gak kalau arti dari Cappadocia dalam bahasa Persia adalah "Tempat kuda-kuda indah"? Nah disini kamu juga harus nyobain horse ride di megahnya bukit-bukit dan cave. Harganya mulai dari 160TL/jam atau sekitar Rp420.000.

Horse Ride

Horse Ride

  • Kuliner
Kalau ke Cappadocia, jangan lupa cobain Kebab Tembikar. Kebab ini dibungkus dalam gentong kecil atau kendi yang ditutup sama roti khas Turki. Namanya Pottery Kebab, testi kebab ciri khas Cappadocia.

Kamu bisa pilih daging sapi, kambing atau ayam. Daging dimasak dengan sayur-sayuran dan ditambah bumbu-bumbu khas yang kemudian dimasak di dalam kendi yang ditutupi alumunium foil atau roti khas turki itu, dibakar deh kendinya.

Pottery Kebab ini disajikan panas-panas dengan kendinya. Nanti, pramusaji akan memecahkan kendinya dan meletakan masakannya di piring yang sudah disediakan. 

Pottery Kebab
www.willflyforfood.net

Pottery Kebab
www.willflyforfood.net


Pokoknya kalau ke Turki, wajib ke Cappadocia. Pemandangannya yang unik dan luar biasa indah, bikin Cappadocia jadi tempat yang jangan dilewatkan. 

Btw, ini dia Itinerary singkat aku selama di Cappadocia:

Day 1
Flight ke Kayseri dari Sabiha Gokcen Airport
100TL

Sampai di Bandara Kayseri


Perjalanan dari Kayseri ke Goreme, Cappadocia (Travel Bandara)
35TL

Sampai di Goreme, sewa Hostel
40TL/day
Day 2
Jalan kaki ke Goreme Open Air Museum (40 menit)
-

HTM Goreme Open Air Museum
35TL

Masuk ke Dark Church
15TL

Jalan Kaki ke Red Valley (2 jam)
-

Liat Sunset di Red Valley
Free

Jalan Kaki kembali ke Goreme (3 jam)
-

Nyobain Pottery Kebab
30TL
Day 3
Naik Hot Air Balloons
700TL

Naik Bis ke Derinkuyu Underground City
10TL

HTM Derinkuyu Underground City
35TL

Naik Bis ke Kaymakli  Underground City
5TL

HTM Kaymakli  Underground City
35TL

Naik Bis ke Goreme
8TL
TOTAL
1.128 TL


Jika dikonveksi ke Rupiah, sekitar Rp3.000.000 exclude makan, jajan, dan biaya lain-lain.

Join the conversation!

  1. Pengen bangen naik hot air balloons sih.... viewnya keren parah kayaknyaaaa....

    ReplyDelete

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.