Liburan Anti-mainstream di Hainan, China

Hainan, China
Menurutku liburan itu bukan keinginan, tapi kebutuhan. Bukan juga ajang pamer, tapi untuk belajar banyak hal.

Setelah nyobain solo traveling ke Turki selama sebulan penuh, sekarang aku pengen nyobain liburan dengan dibantu jasa travel company. Ketika rencana masih sebatas wacana, aku menemukan blog competition dengan hadiah paket tour ke Hainan dari HIS Travel.

"Hainan?", keningku berkerut.





Aku pertama kalinya mendengar ada sebuah daerah bernama Hainan. Katanya Hainan adalah salah satu provinsi paling selatan China yang berbatasan dengan Vietnam. Beijing, Xian dan Shanghai sih familiar, apalagi tembok besar Chinanya. Tapi Hainan? Karena penasaran, langsung deh cari tahu tentang Hainan!

Di website HIS, aku bisa menemukan informasi mengenai Hainan dengan lengkap dari mulai luas pulau, iklim, mata uang, hingga rekomendasi tempat wisata disana. Dengan mengunjungi satu website saja udah bisa dapet informasi lengkap tentang Hainan dan bikin Hainan mendadak jadi salah satu wishlist tempat liburanku.

Hainan Island

Hainan adalah sebuah pulau kecil, provinsi paling selatan China. Luas pulaunya 34.438 kilometer persegi, lebih luas 1.637 kilometer persegi dibandingkan provinsi Jawa Tengah di Indonesia. Meskipun termasuk ke dalam negara China, Hainan tidak memiliki empat musim seperti wilayah-wilayah lain di China. Iklim di Hainan tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Warga negara Indonesia ternyata diberi kemudahan untuk liburan kesana karena bebas visa. Gak perlu ribet lagi harus ke kedutaan besar buat bisa liburan kesana, cukup dengan pasport saja. Objek wisata di Hainan juga banyak banget, tinggal milih. Mau liburan ke pantai? Banyak! Pengen liat pemandangan kota? Bisa. Pengen tahu tentang tradisi dan budaya disana? Ada. Kalau wisata belanja? Lengkap!




Hainan punya beberapa bangunan dengan arsitektur kuno. Ada Feng Xiaogang Movie Town, kota dengan nuansa tahun 40-an dan Mission Hills New Town. Arcade Street juga gak boleh dilewatkan, jalan kuno ini bakalan jadi spot yang menarik buat hunting foto.

Karena Hainan adalah sebuah pulau kecil, pantainya pasti banyak dan cantik-cantik. Bahkan salah satu pantai disana, Yalong Bay, populer dengan julukan "Hawaii-nya China". Jadi penasaran, kayak gimana sih pantainya? Apakah ada tarian hula-hula? Selain Yalong Bay, ada juga Sanya Bay, Pantai Da Dong Sea yang asik buat main selancar dan parasailing, pantai di Pulau Wuzhizhou, dan masih banyak tempat lainnya. Duh, udah kebayang minum kelapa muda dibawah pohon pinggir pantai dengan pemandangan laut biru dan pasir putih!

 Feng Xiaogang Movie Town. Pict: Denny Ryanto

Yalong Bay. Pict: www.explorehainan.com

Gak cuma wisata alamnya aja, tradisi, budaya dan sejarah pun gak kalah menarik dari sebuah tempat yang dikunjungi pas lagi traveling. Nah, Hainan punya Nanshan Cultural Tourism Zone di Sanya yang juga jadi icon wisatanya. Ada patung raksasa Dewi Kwan Im berdiri megah menghadap pemandangan laut tropis yang kental dengan tradisi pemeluk Buddha di China dan tradisi umur panjang.

Hainan juga punya Desa Bali, sebuah wilayah yang kental dengan nuansa Bali dan mayoritas penduduknya pun warga Tionghoa asal Indonesia. Wah, bangga gak sih kalau ke luar negeri dan menemukan tradisi Indonesia disana? Pengen banget kepo langsung sama orang-orang disana mengenai asal muasal Desa Bali ini. Ada banyak pertanyaan di otakku pas tahu tentang Desa Bali, dan akan aku tanyakan jika diberikan kesempatan datang langsung kesana.

Pelestarian budaya tradisional di Hainan ada di Desa Yetian yang berjarak 40 kilometer dari kota Sanya. Desa ini melestarikan budaya tradisional minoritas Li dan Mao. Ini bukan desa biasa loh, kerajinan desa ini seperti brokat, keramik, tarian, kerajinan perak dan anyaman rotan udah dapet status sebagai the World Intangible Culture Heritage dari Unesco. Keren!

Nanshan Cultural Zone. Pict: www.chinatourmap.com
Pertunjukan di Desa Yetian. Pics: www.his-travel.co.id

Buat yang suka sama wisata urban bisa naik cable car di Sanya Phoenix Valley. Pemandangan kota yang menakjubkan, perpaduan dari gedung tinggi dengan perbukitan yang hijau. By the way, ada yang unik dan menarik dari wisata belanja di Hainan. Salah satu pusat belanja bernama Bamboo Charcoal Shopping menjual berbagai macam alat kesehatan yang berasal dari bambu pilihan. Ada termos yang bisa bikin air jadi sehat, ada tisu super, dan masih banyak lagi. Unik banget sih menurutku dan inovatif juga useful.

Cable Car Phoenix Mountain. Pics: Dallas Kilponen
Dari semua informasi yang udah aku kumpulin, Hainan memang pas banget untuk dijadikan destinasi liburan yang menarik dan memorable.  Alasannya?

  • Bebas visa
Ini kemudahan pertama yang bakalan bikin liburan kesana jadi seru. Gak perlu repot mikirin visa, tinggal berangkat.
  • Objek wisatanya beragam
Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, urban, tradisi, semuanya lengkap. Ibaratnya sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui.
  • Cuacanya bersahabat
Pas liburan ke Turki di musim dingin, butuh usaha banget buat menyesuaikan kondisi badan sama cuaca. Nah kalau liburan ke Hainan cuacanya bersahabat. Musim dingin suhunya 19-25 derajat Celcius, sedangkan musim panas suhunya 24-35 derajat Celcius.
  • Banyak pantai indah
Pantai indah berbanding lurus dengan mood yang bagus. Disana bisa main parasiling, berenang, diving atau cuma duduk-duduk santai aja di pantai sambil liat sunset.
  • Kulinernya lezat
Nasi ayam Hainan katanya enak, rasanya familiar buat lidah orang Indonesia. Ada juga masakan lokal khas Hainan dan pastinya ada seafood!

Hainan yang belum se-terkenal saudaranya Beijing, bikin traveler bisa eksplor lebih banyak tempat dan budaya disana. Itu juga yang bikin liburan ke Hainan jadi liburan anti-mainstream karena gak banyak orang yang udah pernah kesana. 

www.his-travel.co.id

Dari informasi wisata yang diberikan HIS Travel, akan ada 5 kota yang dikunjungi kalau ke Hainan yaitu Haikou, Qionghai, Xinglong, Lingshui dan Sanya. Kelimanya menawarkan wisata dan pengalaman yang beragam. Terus akomodasi untuk ke 5 kota itu gimana? Tenang saja, ada berbagai pilihan akomodasi disana dari yang murah sampai yang mahal, dari yang biasa saja sampai yang mewah. Mau lebih simple? Tinggal pesan paket liburan ke Hainan di HIS Travel dengan harga mulai dari Rp4,988 juta all in untuk paket Hot Hainan 6 hari 4 malam!

Kamu tinggal menikmati pejalanan liburan ke Hainan tanpa perlu khawatir dengan paket liburan dari HIS Travel. Pelayanannya terbaik sejak pemesanan sampai kembali lagi ke Jakarta, ada tour guidenya juga yang udah berpengalaman. Gak perlu nunggu lama buat liburan kesana, karena banyak pilihan keberangkatan setiap minggu. Cocok banget buat yang sering liburan dadakan kayak aku, hehe.

Gak cuma Hainan Tour, HIS Travel juga menyediakan paket tour China dan berbagai paket tour lainnya. Kamu bisa cek di www.his-travel.co.id.



So, the question is "Am I brave enough to explore Hainan?".

Ofcourse, yes! Apalagi kalau dengan semua kemudahan perjalanan dari HIS Travel!




Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.