Opsi Tempat Menginap di Turki (Plus TIPS)

Turkey
Banyak yang nanya "Pas di Turki nginep dimana?" dan jawabannya adalah nomaden alias pindah-pindah.

Pas di Turki, aku emang berencana buat nyobain semua opsi menginap disini dari mulai yang tinggal bareng host, sendirian, tinggal bareng banyak orang di kamar, pokoknya dicobain semua deh dan ternyata asik.

Selaama berpindah-pindah itu, bersyukur gak pernah dapet kesan yang jelek atau hal-hal yang gak mengenakan. Semuanya berkesan, dan memiliki kesan masing-masing. Jadi pas di Turki nginep dimana aja?

Airbnb

Ini adalah opsi penginapan pertama yang aku ambil pas ke Turki. Airbnb adalah layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di seluruh dunia. Apa aja yang bisa disewa? Ada apartemen, rumah dan villa. 

Ada 2 pilihan tempat menginap di Airbnb ini yaitu shared room atau entire apartement.

Kalau kamu memilih shared room, kamu bakalan tinggal satu rumah dengan yang punya rumah. Kamu akan diberikan 1 kamar pribadi, dan ruangan lain dalam rumah digunakan bersama seperti dapur, kamar mandi, ruang tamu, dll.

Aku pilih Airbnb yang shared room pas pertama dateng ke Turki. Lokasinya di Sisli. Hostnya adalah seorang karyawan bank berusia 30 tahunan. Ketika sampai, aku diajak makan malam bersama dia dan pasangannya, mereka memasak makanan khas Turki yang aku lupa namanya.




Selain shared room, ada juga entire apartment. Harganya lebih mahal, tapi semua ruangan jadi milik penyewa jadi lebih private. Ini aku cobain pas malem tahun baru selama 3 hari. Penginapan penuh dimana-mana dan harga sewanya mahal. Akhirnya dapet di daerah Sultan Ahmet dengan lokasi cukup strategis deket stasiun dan tempat makan.

Kamu bisa langsung klik www.airbnb.com buat liat jenis-jenis penginapan disana. Jangan lupa perhatikan soal rules, waktu check in, dll-nya ya dan di cek juga reviewnya!

Jenis pembayaran di Airbnb adalah menggunakan Kartu Kredit, jadi siapkan dulu kartu kredit kamu ya. 

Hotel

Ini adalah opsi penginapan yang udah gak asing lagi. Ada banyak pilihan hotel dengan beragam fasilitas di Turki. Biasanya, memesan hotel bisa melalui booking.com, tapi sayang sekali situs tersebut gak bisa dipakai di Turki. Jadi kamu bisa pakai opsi aplikasi booking hotel lainnya atau datang langsung ke hotelnya.

Tapi seharusnya jangan coba-coba booking hotel mendadak sih, gawat!

Hostel

Nah, penginapan model ini biasanya yang diminati para backpacker atau solo traveler. Hostel ini cenderung kayak asrama. Jadi dalam 1 kamar bisa dihuni banyak orang dengan fasilitas lainnya digunakan bersama.

Pas di Turki, aku nginep di Green House Hostel daerah Taksim dan betah banget disana. Kenapa betah? Hostelnya bersih, ada dorm khusus wanuta (karena beberapa hostel lainnya campur), toiletnya bersih, lokasinya dekat Taksim (pusat keramaian Istanbul), dan receptionistnya baik banget!

Bahkan pas aku traveling ke Asian Sidenya Turki, mereka memperbolehkan aku ninggalin koper disana. Pedahal travelingnya lumayan lama dan koperku aman-aman saja!

Selain itu, setiap tempat tidur diberikan sekat (gorden) untuk menjaga privasi masing-masing tamu. Tapi ya namanya sekamar banyakan, pasti gak semua satu tipe kepribadian kan?





Couchsurfing

Ini pertama kalinya aku nyobain CS. Awalnya ragu karena aku solo traveling dan cewek, sedangkan di CS kebanyakan cowok. Tapi setelah aku nanya-nanya ke temen yang pake CS, katanya CS oke kok cuma ya memang untuk wanita harus lebih berhati-hati.

Catatan penting sebelum milih host di CS adalah liat dulu reviewnya! Selain itu, cek juga apakah kamu dapet shared room atau private room.

Bersama Host dari CS


Dari sekian banyak opsi menginap, apa aja nih yang harus diperhitungkan dalam memilih tempat menginap pas Traveling?

1. Kenyamanan

Tempat menginap adalah tempat kamu istirahat. So, pastikan tempat menginap kamu bikin kamu nyaman.

Misalnya pas kemarin solo traveling aku gak masalah tidur di hostel dengan tipe dormitory, jadi aku nyaman-nyaman aja nginep disana. Tapi mungkin keadaannya akan berbeda kalau kamu gak nyaman tidur satu kamar sama banyak orang (beserta dramanya).  Jadi, kamu harus tahu dulu ingin penginapan yang seperti apa yang bisa bikin kamu nyaman!

2. Keamanan
Ini juga penting. Traveling adalah saatnya untuk bersenang-senang. Jadi, pastikan tempat menginap kamu aman untuk barang-barang kamu dan untuk diri kamu sendiri.

Aku kemarin sewa hostel yang ada lokernya karena bawa laptop. Meskipun terlihat aman, kamu juga jangan sampai abai ya sama barang-barang pribadi kamu.

3. Lokasi

Lokasi penginapan kamu juga harus diperhitungkan. Karena aku mikirin tentang pulang malam, aku pilih lokasi tempat menginap di yang dekat keramaian meskipun lebih mahal daripada yang jauh dari keramaian.

4. Cost
Perhitungkan harga tempat menginap kamu dengan jarak ke lokasi wisata yang pengen kamu datengin.

Misalkan penginapan murah tapi jauh dari tempat yang pengen kamu datengin, apakah lebih murah daripada tempat menginap yang dekat tempat wisata tapi lebih mahal? Atau apakah lebih baik memilih tempat menginap yang murah tapi beresiko daripada tempat yang agak mahal tapi aman?

Intinya, dalam menentukan penginapan itu butuh banyak pertimbangan. Makannya, pertimbangkan baik-baik mengenai tempat kamu menginap kalau lagi traveling ya, apalagi kalau travelingnya sendirian!

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.