Mengunjungi Goreme Open Air Museum, Turkey

Merkez, Müze Cd., 50180 Göreme Belediyesi/Nevşehir Merkez/Nevşehir, Turkey
Hari kedua di Cappadocia, aku memutuskan untuk mengunjungi Goreme Open Air Museum. Sebenarnya, untuk berjalan-jalan di Cappadocia kamu bisa pilih paket Red Tour, Green Tour atau tour lainnya dengan harga sekitar Rp500 ribu. Tapi, karena pas liat maps tempatnya hanya 2 km dari Desa Goreme tempatku menginap, aku akhirnya berangkat sendiri tanpa ikut tour!

Cappadocia


Oh iya, aku ketemu traveler juga di hostel tempat aku nginep, namanya Alexis dari Prancis. Akhirnya serelah ngobrol-ngobrol kita memutuskan untuk ke Goreme Open Air Museum barengan. Sekitar jam 10 pagi kita pergi dari hostel dengan berbekal maps dan jalan kaki.

Sepanjang perjalanan menuju Goreme Open Air Museum, aku takjub banget sama pemandangan yang luar biasa indahnya. Perjalanan yang lumayan ini jadi gak kerasa karena bener-bener menikmati pemandangannya.

Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia


Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia


Sesuai dengan namanya, Goreme Open Air Museum ini adalah museum di ruangan terbuka yang terdiri dari gua-gua dan merupakan museum terbuka terbesar di dunia! Selain gua yang dulunya dipakai sebagai tempat tinggal, disana kamu juga bisa liat banyak gereja kuno yang berasal dari abad ke-10 sampai abad ke-12. Sejak tahun 1924, gereja-gereja ini sudah tak berfungsi lagi dan dirubah menjadi museum tahun 1960.

Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia


Ada sekitar 14 gereja diantaranya Apple Church, Snake Church, St. Basil Church, Sandal Church, St. Catherine Chapel dan Dark Church. Untuk masuk ke Dark Church, kamu harus bayar lagi 15TL. Yang unik dari gereja-gereja gua ini, setiap gambarnya baik yang sudah memudar ataupun belum, gambar wajahnya pasti rusak. Btw, langit-langit ini masih asli dari zaman Bizatium loh! Di dalam gereja juga dilarang mengambil foto dan dijaga oleh staf khusus.

Kisah-kisah dari Injil digambar di dinding-dinding atau atap gereja. Tujuannya untuk menyebarkan ajaran Kristiani. Kenapa lewat gambar? Karena mayoritas penduduk lokal buta huruf pada masa itu. Sayang banget pas masa Ottoman, gereja-gereja ini terbengkalai. Butuh waktu yang lama buat bikin gereja ini balik sesuai aslinya, juga butuh banyak sejarawan.

Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia

Cappadocia


Kamu bakalan dibikin terkagum-kagum sama tempat tinggal orang zaman dahulu di dalam gua batu. Jadi kalau kesini, jangan cuma sibuk foto-foto ya, dibaca juga informasi-informasi di tiap bangunan gua.

Cappadocia
  

Cappadocia

Cappadocia


Kalau mau, kamu juga bisa sewa pemandu lokal atau sewa audio guide supaya bisa dapet banyak banget cerita tentang tempat ini.  

Cappadocia

Butuh waktu lebih dari 1 jam buat bisa keliling dan liat satu-persatu tempat disini. Oh iya, tiket masuknya 35TL atau sekitar Rp100.000 (exclude Dark Church). Sebelum pintu keluar, kamu juga bisa mampir buat beli souvenir khas atau nongkrong di cafe. Di luar museum juga ada kok yang jualan souvenir dan harganya lebih murah dibandingkan di area museum.

Goreme Open Air Museum ini juga termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1985 loh. Kamu wajib banget kesini kalau ke Cappadocia!

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.