Istanbulkart dan Transportasi Umum di Istanbul, Turki

Istanbul, Turkey
Buat aku yang terlalu dimanjakan dengan adanya Gojek dan Grab, disini aku kemana-mana harus menggunakan transportasi umum dan jalan kaki. Gak ada tuh yang namanya di pick-up langsung di depan rumah. Kalau laper juga harus jalan cari toko atau restaurant, gak bisa GoFood atau GrabFood. Say goodbye to manja-manja club!


Transportasi Umum di Istanbul Turki


Nah, transportasi umum di Istanbul ini menurutku lebih gampang di akses daripada di Jakarta. Rel keretanya di tengah jalan raya loh barengan sama mobil, tapi kesannya tetep rapi. Kalo kamu mau naik transportasi umum di Istanbul, kamu wajib banget punya Istanbulkart. Selain simple, kamu juga bisa dapet diskon daripada bayar per-perjalanan.

Transportasi Umum di Istanbul Turki


Istanbulkart ini kalau di Indonesia mungkin uang elektronik yang bisa dipake di beberapa transportasi umum. Bedanya, kalau di Indonesia Kartu KRL gak bisa dipake Busway dan sebaliknya (kecuali uang elektronik dari Bank) sedangkan Istanbulkart bisa dipake di Metro, Metrobus ataupun Tram.

Harga Istanbulkart ini 6₺ (Turkish Lira) atau sekitar Rp16ribu. Istanbulkart ini bisa diisi dengan pecahan 5 hingga 50₺. Jangan bingung beli dan isi ulangnya dimana karena mesinnya ada di setiap stasiun, lengkap.

Jadi, apa aja nih transportasi umum di Istanbul?


1. Metro

Metro ini kalau di Indonesia semacam KRL tapi stasiunnya bawah tanah. Metro ini menghubungkan pinggiran kota di Istanbul dengan pusat kotanya. Katanya Metro di Istanbul ini kedua tertua loh.


Transportasi Umum di Istanbul Turki


Tarif untuk satu kali naik Metro adalah sekitar 2.18 atau sekitar 5.000 rupiah dengan jam operasional hingga jam 12 malam.

Untuk naik Metro, kamu bisa cari stasiun Metro dari tempat terdekat dan turun menggunakan eskalator atau tangga. Jangan lupa ketika menggunakan eskalator, kamu harus mepet ke sebelah kanan karena sebelah kiri digunakan oleh orang-orang yang menyalip dan terburu-buru. Sepengalamanku, penumpang Metro ini tertib loh meskipun berjibun.


Transportasi Umum di Istanbul Turki
Akses Masuk ke Stasiun

Transportasi Umum di Istanbul Turki
Stasiun Metro

Transportasi Umum di Istanbul Turki
Sign

Transportasi Umum di Istanbul Turki
Inside Metro

Di stasiun Metro, kamu tinggal ikutin penunjuk arah dari mulai masuk sampai dengan stasiun yang dituju. Semuanya lengkap. Aku pun percobaan kedua kali mulai hapal naik Metro. Yippi!

2. Metrobus

Kalau Metro itu kereta, nah Metrobus ini sesuai namanya yaitu transportasi umum dengan jenis Bus. Naik bus disini gak perlu capek-capek naik ke jembatan penyebrangan, tinggal nunggu di halte-halte yang tersedia saja di pinggir jalan.


Sumber:Google

Untuk pembayaran Metrobus ini juga menggunakan Istanbulkart dengan tarif yang tidak jauh berbeda dengan Metro.

3. Tram

Tram ini sama seperti Metro yaitu kereta. Bedanya, Tram ini beroperasi di Kota Istanbul saja. Rel dan stasiunnya ini berada berdampingan dengan jalan raya loh, berbeda dengan Metro yang harus turun dulu ke stasiun bawah tanah.


Transportasi Umum di Istanbul Turki

Transportasi Umum di Istanbul Turki


Yang bikin heran, Tram ini beroperasi di tengah kota, berdampingan dengan mobil-mobil, orang yang lalu lalang, juga toko-toko yang berada di sisi kiri-kanannya tapi tetep aja keliatan gak semrawut. Kenapa ya haha.

Istanbulkart juga masih menjadi metode pembayaran Tram dan bisa diisi ulang di stasiun terdekat. Jalur Tram juga bisa kamu liat langsung di papan informasi yang tertera di stasiun atau bisa bertanya kepada petugasnya.

4. Taksi

Temanku merekomendasikan untuk tidak menggunakan Taksi disini karena banyak supirnya yang menaikan tarif dengan tidak wajar. 


Transportasi Umum di Istanbul Turki


Menurut pengamatanku, mobil-mobil dan motor di Istanbul ini ngebut dan gak enak nyetirnya pokoknya. Lebih enak naik Metro deh!

5. Uber

Nah ini dia salah satu kemudahan transportasi di Istanbul. Meskipun begitu, harga Uber disini menurutku cukup mahal. Dengan jarak 5-7km itu harganya antara 35₺-53₺ atau sekitar Rp100.000-Rp150.000.


Transportasi Umum di Istanbul Turki


Mobil yang digunakan berbeda dengan di Indonesia. Aku gak tahu jenisnya apa, tapi yang pasti sangat luas dengan jok yang hadap-hadapan.

Supir Uber yang aku tumpangi gak bisa bahasa Inggris, tapi baik banget bawain koper. Dan pas turun dia bilang "Oktavia, Good Afternoon!" sambil senyum.


Transportasi Umum di Istanbul Turki

Transportasi Umum di Istanbul Turki


Nah itu dia beberapa transportasi umum di Istanbul. Kalau kamu ke Istanbul, mendingan cobain satu-persatu deh biar dapet pengalamannya hihi. Kita lihat setelah balik ke Jakarta, apakah aku akan se-rajin ini jalan kaki dan naik transportasi umum???

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.