Cara Bikin VISA Turki dan Pengalaman Naik Qatar Airways

Banyak banget yang nanya tentang gimana caranya ke Turki terutama soal VISA. So, aku nulis ini berdasarkan pengalamanku dan semoga bermanfaat buat yang mau liburan ke Turki. Check this out!


Apply VISA Turki


Penerbanganku ke Turki menggunakan Qatar Airways dengan harga  $540 untuk pulang pergi. Kalau di konversi ke mata uang Indonesia, harganya sekitar 8 jutaan. Murah banget dibandingkan one way flight. Penerbangan dengan Qatar Airways ini terlebih dahulu Transit di Doha sebelum sampai ke Turki.

Jadwal keberangkatan adalah 10 Desember 2018 pukul 18.20 WIB di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Untuk berjaga-jaga supaya gak mepet, aku udah di Bandara 3 jam sebelum keberangkatan saat counter Check-in masih belum dibuka.

Menunggu sekitar setengah jam, akhirnya counter check-in dibuka dan aku langsung menyerahkan kode booking dan paspor ke petugas. Selagi proses check-in  aku iseng bertanya mengenai VISA.

Apply VISA Turki


Apply VISA Turki


Jadi VISA Turki itu ada 2 macam:

1. E-VISA


e-VISA ini dibuat secara online melalui website https://www.evisa.gov.tr/ . e-VISA ini gak ribet karena tinggal ngisi data sesuai dengan paspor. Setelah mengisi data, kamu bakalan dapet email konfirmasi pembayaran dan tinggal bayar deh pake Kartu Kredit.

Apply VISA Turki


Harga e-VISA ini $25 dan biaya lainnya $1,05 jadi total pembayaran untuk e-VISA ini $26,05 atau sekitar Rp384.263.

Setelah bayar, kamu langsung dapet email berisi e-VISA kamu dan tinggal print deh. Pokoknya beneran se-simple itu.

2. VISA on Arrival (VOA)

Nah, kalau VOA ini dibikin pas udah sampe Turki di Bandara. Harganya lebih mahal dari e-VISA tapi bikinnya juga cepet ko gak pake ribet.

Ceritanya, awalnya aku mau nyoba pake VOA aja karena kalau e-VISA kan di print sendiri dan aku males ngeprint. Tapi ternyata pas nanya ke petugas check-in Qatar Airways, VOA udah gak berlaku sekitar 2 minggu yang lalu jadi aku disarankan untuk bikin e-VISA aja.

Akhirnya aku mendadak bikin e-VISA sambil nunggu check-in bagasi. Petugasnya baik banget, e-VISA aku dibantu di-print sama mereka. Jadi, soal VISA udah beres dan bisa terbang dengan tenang!

Aku saranin buat kamu yang mau ke Turki juga bikinnya e-VISA aja ya.

Baca juga: Solo Traveling ke Turki

Pengalaman Terbang dengan Qatar Airways

Ini pengalaman pertama sih nyobain Qatar Airways karena biasanya aku traveling dalam negeri saja. Sebelum hari keberangkatan, aku terlebih dahulu manage booking di website https://www.qatarairways.com/en-id/homepage.html dengan memasukan Last Name dan kode bookingnya.

Qatar Airways

Setelah itu, kamu bisa liat jadwal penerbangan kamu, milih kursi, pilih makanan (untuk  yang vegetarian atau punya pantangan makanan), cancel flight , special request, dll.

Qatar Airways



Tempat duduk di Qatar Airways terbagi 2 Zona. Zona 1 di pesawat bagian belakang dan Zona 2 ada di tengah antara Kelas Bisnis dan Zona 1. Kalau kamu pengen cepet-cepet keluar pas landing, mendingan pilih Zona 2 aja karena lebih dulu keluar dibanding Zona 1. Pemanggilan penumpang juga dilakukan per-Zona jadi gak ada antri panjang pas masuk pesawat.

Di masing-masing tempat duduk sudah tersedia selimut, bantal dan perlengkapan lainnya seperti penutup mata dan telinga ketika penerbangan. Masing-masing penumpang juga diberikan media hiburan di layar mini yang berisi musik, game, rute penerbangan dan film. Jadi perjalanan selama 9 jam gak akan boring deh! Sebelum perjalanan, pramugari juga membagikan refreshing towel alias tisu basah buat ngelap-ngelap muka yang hinyai ini.

Qatar Airways


Qatar Airways

Untuk kamu yang vegetarian atau punya pantangan sama makanan, kamu juga bisa pilih menu di Meal Preference. Selama 9 jam perjalanan dari Jakarta ke Doha, penumpang diberikan Main Meal, Hot Snacks dan Beverages. Sebelum pramugari membagikan makanan, semua penumpang terlebih dahulu diberikan menu. Jadi ketika pramugari bertanya mau makan apa, penumpang sudah bisa langsung menjawabnya.

Qatar Airways

Qatar Airways


Makanan di Qatar Airways enak dan cocok di lidah aku tentunya. Beveragesnya juga banyak macam mulai dari tea, pepsi sampai wines. 

Sedangkan ketika perjalanan dari Hamad International Airport (Doha), penumpang diberikan Breakfast dan Beverages. 

Cerita transit di Hamad International Airport bakalan aku bahas di postingan lain ya. Stay tune!


Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.