Rangkuman Perjalanan di Tahun 2018. Ada tempat favorite kamu?

Tahun 2018 ini mungkin bisa disebut sebagai tahun yang penuh kejutan, terutama soal traveling. Aku bukan orang yang punya resolusi tahun baru, bikin to do list untuk tahun depan dan berbagai konsep menuju pencapaian lainnya. Aku hanya berharap aku bisa berkembang menjadi manusia yang lebih baik lagi, memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak lagi dan teman yang berkesan. Cukup.



Tanpa ambisi apapun, ternyata di tahun 2018 ini aku udah cukup banyak traveling baik sponsor maupun solo traveling. Di tahun ini pula, aku pertama kali menginjakan kaki di luar negeri dan solo traveling. Pernah kebayang? Gak sama sekali. Ya tapi inilah hidup, penuh kejutan.

Jadi di tahun 2018 ini, Okta udah jalan-jalan kemana aja nih?

Malang, Jawa Timur

Di bulan Maret 2018, aku mendapat undangan pernikahan dari Kak Uti di Malang. Meskipun galau karena masih anak baru di kantor dan gak bisa ambil cuti, aku akhirnya maksain Jum'at siang buat pergi ke Malang naik pesawat.

Beres kondangan di hari Sabtu, akhirnya nyempetin main-main ke Jatim Park dan Museum Angkut bareng Kak Valen. Meskipun singkat, tapi liburannya cukup berkesan apalagi pas masuk Museum Heritage! Mungkin Museum Heritage gak se-terkenal Museum Angkut tapi menurutku menarik banget buat disimak dan dipelajari.

Baca ceritanya disini: Liburan ke Malang!

Surabaya, Jawa Timur

Masih di bulan Maret 2018, abis dari Malang langsung hajar ke Surabaya naik bis. Di Surabaya sebenernya gak nyampe sehari, tapi tetep asik.

Disana aku jalan-jalan bareng Anggi, Ical dan Riki. Kita dateng ke House of Sampoerna, makan Sate Ondomohen dan liat sunset di Surabaya North Quay.

Sebentar tapi berkesan dan fun!



Raja Ampat, Papua

Ini dia perjalanan yang gak pernah kebayang sama sekali. Gak pernah nyangka bisa ke Raja Ampat, dan gratis!

Perjalanan kali ini disponsorin sama Detik Travel dan Tiket.com. Selama 5 hari 4 malam kita menjelajah Raja Ampat sampai kulit gosong! Mulai dari villa, speedboat, makan, snorkling, semua udah ditanggung sponsor.

Merasa bersyukur banget bisa dapet kesempatan yang banyak orang impikan. Big thanks to Allah SWT.

Kamu bisa baca ceritanya disini : Raja Ampat - Part 1, Raja Ampat - Part 2


Kesempatan menginjakan kaki di Tanah Papua ternyata tak hanya datang sekali. Di bulan Juli 2018, aku kembali kesana. Rindu sekali, pedahal baru beberapa bulan yang lalu dari sini. Aku juga janjian sama tourguide di Raja Ampat buat ketemu dan kita cerita banyak banget! Ini nih yang bikin happy kalo traveling, nambah temen baru!


Yogyakarta

Di bulan April 2018, aku bersama Garuda Indonesia dalam rangka Hari Kartini melakukan perjalanan bertajuk "Jejak Kaki Kartini". Aku bersama Mbak Hira dan Mbak Riyanni Djangkaru berpetualang di Yogyakarta mengunjungi tempat bersejarah Kota Gede, melihat pembuatan batik, berkunjung ke  Lulu Lutfi Labibi Studio, berpetualang di Goa Jomblang, kuliner tradisional dan juga belajar Jemparingan.

Perjalanan ini diharapkan bisa menginspirasi perempuan untuk bisa mandiri, penuh percaya diri dan tidak pernah berhenti berkarya.

Video singkatnya bisa kamu liat disini: Jejak Kaki Kartini

Setelah itu, ternyata di bulan Juli 2018 aku balik lagi ke Yogyakarta dan cuma punya waktu satu hari buat bisa eksplor wisata disana. Kira-kira traveling kemana aja ya? Jawabannya ada disini!



Gunung Gede, Jawa Barat

Udah lama gak mendaki, akhirnya di bulan Mei 2018 dikasih kesempatan mendaki bareng Salonpas sekaligus campaigne bersih-bersih gunung. Meskipun rada ngerepotin karena kondisi badan lagi gak fit, tapi seru banget.

Buat nyampe puncak butuh perjuangan ekstra. Nyusahin banget pokoknya. Untuk punya guide dan temen yang super sabar!

Cerita pendakiannya ada disini: Pendakian Gunung Gede

Bukit Moko, Bandung

Gak perlu jauh-jauh ternyata buat dapet sunset yang kece, di Bandung kamu juga bisa dapetin sunset kece di Bukit Moko.

Mungkin nama Bukit Moko buat orang Bandung sendiri udah gak aneh, tapi gak tau deh buat wisatawan. Udah pada tahu tentang bukit Moko? Kalau belum, kamu bisa baca disini!



Banda Aceh 

Setelah menginjakan kaki di pulau paling timur Indonesia, akhirnya diberikan kesempatan juga untuk menginjakan kaki di pulau paling barat Indonesia.

Di Banda Aceh, aku mengunjungi beberapa tempat yang mengingatkan soal tsunami yaitu Monumen Kapal Nuh dan Masjid Baiturrahman Aceh. 


Pulau Weh, Sabang

Dari Aceh, aku melanjutkan perjalanan ke Sabang. Disana aku menikmati pemandangan alam dan panorama bawah laut Sabang yang kewl. Pantainya juga indah dan sepi, cocok banget buat refreshing! 

Ceritanya ada di: Sabang-Part 1, Sabang-Part 2 .

Medan, Sumatera Utara

Horas! Akhirnya dateng ke Medan juga dan nyobain durian hits disana! Haha. Tapi ternyata cerita perjalanannya belum ditulis, maafkan.

Ancol, Jakarta

Warga Ibu Kota kalo refreshing gak perlu jauh-jauh ternyata. Di Ancol, kamu bisa menikmati banyak pilihan tempat wisata mulai dari hiburan sampai edukasi.

Ada apa aja sih di Ancol? Yuk baca cerita perjalanan aku bareng Kumparan di: Kembali ke Ancol!


Klaten, Jawa Tengah

Liburan kali ini spesial karena sebenernya liburan sambil cari ilmu tentang kesehatan, lingkungan dan sumber daya alam. Nah di Klaten ini akhirnya nyobain River Tubing di Kali Pusur yang punya cerita menarik dalam proses terbentuknya objek wisata ini.

Baca cerita lengkapnya disini yuk!


Turki!

Ini dia perjalanan penutup tahun 2018 sekaligus pembuka tahun 2019. Penasaran gimana ceritanya sebulan sendirian traveling di Turki?

Cek disini: Solo Traveling ke Turki


Terima kasih untuk cerita perjalanan di tahun 2018 ini. Terima kasih. Terima kasih. Semua perjalanan yang tak pernah terpikirkan dan terjadi begitu saja. Allah maha baik.

Kira-kira perjalanan "random" kemana lagi nih di tahun 2019?

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.