Kembali ke Ancol

Ancol, Pademangan, North Jakarta City, Jakarta, Indonesia





Mengikuti acara Kumparan Komit-up kemarin, bikin aku berfikir keras untuk menjawab pertanyaan "Kapan terakhir kali ke Ancol?". Mungkin SMA, tetapi itu juga hanya bermain di dufan. Atau SD ya pernah main ke Ancol? Saking sudah lama tidak main ke Ancol aku jadi bingung menjawabnya bagaimana. Dengan tema #KembalikeAncol , kemarin aku diajak bernostalgia sekaligus mengenal Ancol lebih jauh. Super excited!




Sebagai orang yang seneng jalan-jalan, Ancol gak pernah ada di wish list aku dan meskipun aku tinggal di Jakarta aku tidak pernah dengan sengaja datang ke Ancol. Gambaran Ancol dulu mungkin masih menempel diingatan. Pantai yang kotor, pemadangan yang biasa saja, dan pengunjung yang gak sadar kebersihan. Tapi sekarang, ternyata Ancol udah berbenah dan bikin pangling loh! Penasaran sekarang ada apa aja di Ancol?

1. Cafe Hoax

Ini cafe baru diancol dan baru dibuka sekitar awal tahun 2018. Cafe ini pas banget di pinggir Pantai Lagoon, jadi kalo kamu lagi main-main di pantai dan bingung mau cari makan kemana? Langsung aja ke cafe hoax. Harga yang ditawarkan juga relatif murah loh! Di cafe ini juga kita dapet workshop tentang "Creative Wrinting and Photography" yang diisi sama Mbak Eunike sebagai Head of kumparanSTUDIO dan Asoka Remadja sebagai travel blogger. Mereka berdua sharing tentang gimana cara bikin konten yang menarik melalui tulisan dan foto.


2. Pantai Lagoon

Ini dia pantai yang paling hits di Ancol. Terakhir kali kesini sih berantakan banget dan banyak sampah, itu mungkin sekitar kurang lebih 10 tahun yang lalu nih dan pas kemarin aku kesana bikin pangling banget. Pantainya bersih dan tempat sampah udah ada dimana-mana. WIsatawan pun menikmati piknik dengan menggelar tikar di pinggir pantai, berenang, makan, dan berbagai kegiatan dengan tertib. Seneng banget liat kebahagiaan di pantai kemarin!



Kalo bosen duduk-duduk pinggir pantai, kamu bisa sewa perahu juga loh dan berkeliling di sekitar pantai. Ada banyak fasilitas penunjangnya juga seperti toiler, tempat bilas, ayunan dan berbagai permainan lainnya.

3. Allianz Ecopark

Ini dia salah satu sarana rekreasi yang baru di Ancol. Tadinya ini adalah kawasan Padang Golf Ancol dan kemudian dialihfungsikan menjadi sarana rekreasi yang edukatif sekaligus petualangan. Luasnya hampir 34 hektar dan terbagi ke dalam beberapa zona, ada Eco Care, Eco Nature, Eco Art dan juga Eco Energy dengan aktivitas Outbondholic, Archery Battle, Faunaland, Rumah Energy, Rumah Lebah, Kano, Paintball, Eco Market dan Learning Farm.




4. Ancol Lantern Festival

Dalam rangka Asian Games 2018, Ancol bikin tempat wisata baru dengan konsep lampion. DIsana kamu bisa foto dengan lampion berbentuk landmark dan karakter negara Asia serta lampion bertemakan Asian Games. Ada pertunjukan budaya Asia juga loh di panggung yang akan menampilkan music dan tari negara Asia.

5. Atlantis Water Adventure

Mau main-main air? Atlantis jawabannya! Atlantis ini hasil revitalisasi dari Gelanggang Renang Ancol yang sudah ada sejak tahun 1974 dengan luas 5 hektar. Ada 8 kolam utama disini yaitu Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlentean dan Kiddy Pool. Ada wahana baru juga loh disini!




6. Ocean Dream Samudera

Yang pertama kali aku fikirin pas kesini adalah pengen foto sama lumba-lumba. Ternyata, ada hal yang lebih menarik dari sekedar foto sama lumba-lumba yaitu adanya terapi lumba-lumba. Terapi ini adalah terapi pertama di Asia dan udah gak perlu diragukan lagi khasiatnya. Orang yang terapi bukan hanya dari Indonesia saja loh, dari luar negeri pun banyak.

Terapi biasanya digunakan untuk orang (terutama anak-anak) berkebutuhan khusus. Setiap orang yang terapi akan ditemani 1 terapis dan 1 pelatih lumba-lumba. Disana anak akan diajak berenang dan bermain bersama lumba-lumba sehingga bisa merangsang sensorik mereka. Disini lumba-lumba juga diperhatikan kehidupannya mulai dari makanan, kesehatan fisik sampai dengan kesehatan mentalnya. Lumba-lumba juga gak boleh stress loh! Tapi tetep sih, foto sama lumba-lumba harus diusahakan, hehe.



7. Sea World

Ini dia salah satu tempat rekreasi khas dari Ancol. Sea World ini bukan cuma tempat rekreasi loh tapi mereka juga mengemban 3 misi: pendidikan, konservasi dan hiburan. Sea World memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut. Ada feeding show juga loh yang biasanya jadi favorite pengunjung karena disana pengunjung bisa liat langsung gimana cara memberi makan ikan-ikan di Sea World.

8. Dunia Fantasi


Sebagai pusat hiburan outdoor theme park terbesar dan pertama di Indonesia dengan berbagai permainan berteknologi tinggi, Dufan udah gak diragukan lagi. Banyak banget orang yang wisata ke Ancol cuma buat main di Dufan. Wahana permainan disana pun beragam dari mulai yang santai sampai yang ekstrim. Hayoh, wahana favorite kamu di Dufan apa nih?

Dua hari satu malam eksplore Ancol ternyata gak cukup loh, masih ada hal menarik dari sana yang belum kita temukan. Ancol sekarang udah berbenah dan semakin menarik. Tempat yang dikunjungi pun semakin beragam dan cocok juga buat family time. Sekarang aku tahu nih kemana kalau pengen liburan tapi cuma punya waktu sedikit, ke Ancol aja!


Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.