Liburan di Yogyakarta dalam Sehari

Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

Liburan emang enaknya emang pas waktu luang sih biar santai. Tapi masalahnya, gak semua orang punya waktu luang yang banyak. Banyak banget orang yang curi-curi waktu buat bisa liburan, nyempetin walaupun cuma sehari atau bahkan beberapa jam.

Makan ice cream yang hits di Jogja

Nah, kalau kamu liburan ke Yogyakarta dan cuma punya waktu 1 hari buat eksplore disana, kira-kira enaknya kemana aja ya? Menurut pengalamanku sih, kesini.....


Sarapan di Pasar Beringharjo

Gak ada deh yang namanya liburan bangunnya siang. Nah kalau aku, dari pada sarapan di hotel mendingan cari sarapan diluar. Pilihannya jatuh ke Pasar Beringharjo sekalian jalan-jalan cari batik. Di Pasar Beringharjo, kamu bisa beli banyak jajanan di sekitar pasar. Aku sih milih makan sama pecel. Selain enak, harganya juga murah. Dengan uang Rp15.000 kamu udah bisa makan pecel+gorengan dan kenyang pula!



Pedagang pecel disana juga pada ramah, bisa kita ajak ngobrol juga. Tapi liat situasi juga ya, kalo lagi rame mah mendingan jangan diajak ngobrol kasian lagi sibuk hehe. Beres makan, kita bisa masuk ke pasar dan cari batik murmer. Selain batik, yang diincer disana adalah daster yang harganya Rp100.000 dapet 4! Btw, ada yang pernah nawar sadis gak nih sampe bisa dapet daster lebih dari 4? :(

Mirota Batik/Hamzah Batik

Abis dari Beringharjo, langsung tinggal nyebrang aja ke Hamzah Batik. Aku disana nyobain ngebatik tradisional. Tinggal bayar Rp25.000 kamu udah bisa nyobain ngebatik di kain kecil pake canting dan lilin malam. Ternyata ngebatik tuh susah loooh. Satu kain batik yang besar bisa diselesaikan dalam hitungan minggu bahkan bulan, tergantung polanya gimana. Disana juga ada live ngebatik yang dilakukan sama ibu-ibu yang udah ahli. Keren!


Berkunjung ke Hamzah Batik
Belajar membatik

 Selain ngebatik, kamu juga bisa belanja barang-barang murah. Cari apa aja ada kok dari mulai baju, dompet, sampai peralatan rumah. Harganya jangan ditanya sih, muraaah!

Sate Klathak Pak Pong

Ini dia tempat makan siang sekaligus makanan wajib kalau ke Jogja. Jarak dari Mirota Batik ke Sate Klathak Pak Pong ini sekitar 10KM dan cuma makan waktu setengah jam. Kalau kamu rombongan, kamu bisa sewa mobil di kota tapi kalau sendirian atau cuma 2 orang kamu mendingan sewa motor aja. Sate Klathak Pak Pong ini searah dengan Pantai Parangtritis jadi nanti abis makan bisa lanjut wisata disana.

Yang bikin Sate Klathak ini unik adalah tusuk sate yang terbuat dari besi. Sate ini berbahan dasar daging kambing muda, bukan daging ayam ataupun sapi. Bumbunya bukan bumbu kacang atau kecap, tapi cuma garam dan merica. Tapi nanti pas makan Sate Klathak, kamu bakalan ditemenin sama gulai kuning. Umm yummy! Aku yang gak suka sate kambing pun makan ini loh karena gak bau kambing sama sekali!

Lokasi Sate Klathak ini ada di Jalan Imogiri Timur KM 10, Wonokromo, Pleret, Bantul. Buka mulai dari jam 09.00 - 23.30 WIB. Satu porsi Sate Klathak ini harganya Rp23.000. Di waktu-waktu tertentu biasanya disini antri cukup panjang, jadi jangan terlalu ngosongin perut ya pas kesana nanti pingsan haha.

Photo by Dedioko


Gumuk Pasir Parangkusumo

Abis makan, lanjut wisata ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Kamu pernah liat yang main sandboarding? Nah permainan itu bisa kamu mainin di Gumuk Pasir Parangkusumo. Kamu cuma butuh waktu setengah jam dari Sate Klathak Pak Pong buat sampai disini. 

Fenomena alam ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan. Cuma ada 3 negara di Asia Tenggara loh yang punya gumuk pasir kayak gini salah satunya di Indonesia. Banyak banget yang foto prawedding atau bikin video klip disini.

Foto background Kaktus
Main ayunan
Selain main sandboarding, kamu juga bisa main ayunan, foto-foto di beberapa spot kece disana dan main-main ke taman bunga matahari. Kesalahan aku sih kesana pake sepatu, alhasil pas pulang pasir semua dooong sepatunya. Jangan ditiru, jangan!

Pantai Parangtritis

Selain punya cerita mistis tentang Nyi Roro Kidul, pantai ini juga punya sunset yang keren. Pernah gak ngabisin waktu sunset disini?? Selain itu, kamu juga bisa jalan-jalan sekitar pantai naik kuda loh!

Photo by @bebex_rock

Photo by @bebex_rock

Alun-alun Yogyakarta

Ini dia tempat yang asik buat nikmatin Jogja malem-malem. Selain bisa nongkrong sambil jajan di sekitar alun-alun, kamu juga bisa nyobain main Masangin. Kamu harus berjalan melewati 2 beringin yang ada di alun-alun dengan mata tertutup. Keliatannya sih gampang, tapi nyatanya susah!

Konon katanya, orang yang lulus bisa berjalan ke antara 2 beringin itu punya hati yang bersih dan keinginannya bakalan terkabul. Gimana nih? Udah pernah nyobain belum? Kalau aku sih pernah nyobain dan alhamdulillah lulus! *proud*

Jangan khawatir kalau kamu gak bawa kain buat nutup matanya karena disana ada tempat sewa. Cukup bayar 5 ribu aja kamu udah bisa main Masangin deh! Beres main masangin, kamu juga bisa nyobain naik odong-odong dengan lampu warna-warni di sekitaran alun-alun. 

Photo by @pegi_pegi

Photo by Maiio.com

Nah, kalau punya waktu cuma 1 hari di Jogja kamu bisa cobain main ke tempat-tempat di atas. Meskipun pastinya agak capek karena mobilitasnya tinggi, tapi dijamin kamu pasti puas karena udah bisa main ke beberapa tempat yang wajib dikunjungin di Jogja.

Selamat liburan ke Yogyakarta!

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.