Solo Traveling ke Sabang! (Day 2 + Biaya)

Setelah hari pertama main-main di laut, hari kedua ini aku main-main di pantai gak pake nyebur. Sebenernya masih pengen main air, cuma harus pulang lagi ke Sabang hari itu juga siang dan gak akan sempet kalo main air. Jadi hari kedua kemana aja?


Goa Sarang

Besok paginya, sebelum menuju ke Sabang dari Iboih aku mampir dulu ke Goa Sarang. Kawasan wisata ini milik pribadi loh tapi dibuka untuk umum dengan tarif masuk cuma Rp5.000. Sebelum menuju goa, ada pemandangan indah disana yang sayang untuk dilewatkan. Ada ayunan juga yang cukup bikin deg-degan maininnya karena pas ngayun langsung ke jurang viewnya. Lumayan kan bikin sport jantung. Hmm.

Baca juga: Sabang Day 1





Goa Sarang ini adalah goa alami dibalik Gunung Sabang yang dihuni burung walet. Tapi sayangnya gak bisa masuk ke dalam goa nih karena akses masuknya ditutup oleh batu karang. Kalau mau masuk harus berenang atau pake perahu. Tapi liat pemandangannya juga udah cukup ko, indah!

Kota Sabang

Setelah puas menikmati pemandangan Goa Sarang, aku langsung ke Sabang buat cari sarapan sekaligus eksplor pantai disana. Barang-barang udah dikemas karena rencananya langsung pulang siang ini ke Banda Aceh. Aku sarapan di salah satu warung di pinggir pantai. Dengan harga Rp30.000 kamu udah bisa sarapan nasi kuning enak plus ngopi Solong disana. Tempatnya meskipun warung tapi enak, bersih.

Pantai Sumur Tiga 

Beres sarapan, langsung deh meluncur ke Pantai Sumur Tiga. Pas parkir motor udah langsung disuguhin pemandangan yang kece dari ketinggian. Jadi untuk ke pantai Sumur Tiga ini kamu harus turun bukit dulu dikit lewat tangga. Pantainya bening banget, bersih, dan ombaknya pun gak terlalu besar. 

Disini pun sepi, enak banget buat yang cari ketenangan. Saking bagusnya, pantai ini dijuluki Hawaii-nya Sabang! Coba deh foto pemandangan disana, gak perlu di edit pun udah kayak foto hasil profesional saking bagusnya itu pemandangan. Butuh waktu 15 menit dari Kota Sabang kesini. 

solo traveling sabang



Pantai Ujung Kareung

Puas liat pemandangan di Pantai Sumur Tiga, perjalanan di lanjut ke Pantai Ujung Kareung. Pantai ini jaraknya 7 km dari pusat Kota Sabang tepatnya di Desa Ujung Kareung. Yang beda dari pantai sebelumnya, pantai ini menyuguhkan pemandangan laut dengan susunan batu karang. Bahkan, karena airnya yang bening kamu juga bisa liat ikan yang berenang di sekitaran karang. 

Solo Traveling ke Sabang

Solo Traveling ke Sabang


Buat kamu pecinta adrenalin, tempat ini cocok banget karena disini kamu juga bisa nyobain lompat dari atas karang ke laut. Byuuuur!

Benteng Jepang

Ini dia destinasi terakhir yang aku kunjungi di Sabang. Sebuah Benteng Jepang dengan pemandangan keren. Benteng ini saksi bisu penjajahan Jepang di Indonesia karena sejak 14 Juli 1942 Sabang menjadi markas Angkatan ke 9 Armada Expeditionary 1 AL Jepang. 

Ada 3 spot disini yaitu dari atas benteng, di dalam benteng, dan di halaman benteng yang luas. Disini kamu bisa dengerin deburan ombak yang menghantap batu karang, semilir angin yang bikin ngantuk dan udara yang sejuk karena banyak pohon disana. 

Solo Traveling ke Sabang
Pemandangan dari Benteng Jepang

Solo Traveling ke Sabang

Solo traveling ke Sabang berakhir di Pelabuhan Balohan Sabang lagi. Sebenernya explore Sabang 2 hari 1 malam itu kurang, beneran deh. Jadi mendingan kalau kamu kesana, minimal 3 hari 2 malem deh. Kamu juga gak usah takut kalau solo traveling kesana karena orangnya pada baik ko! Tapi tetep harus prepare dengan baik ya kalo mau solo traveling. 

Menurutku, solo traveling bikin aku jadi lebih mandiri, lebih open minded karena bakal ketemu sama orang baru, lebih berhati-hati, jadi aware sama sekitar dan yang sebenernya kamu juga gak sendirian loh kalo solo traveling. Bisa dapet temen baru banyak banget, beneran!

BIAYA SOLO TRAVELING KE SABANG

Kapal cepat ke Sabang (VIP) : Rp100.000
Sewa Motor : Rp100.000/hari
Penginapan : Rp350.000
Diving (include kapal, instruktur dan dokumentasi) : Rp750.000
Makan: +-Rp35.000/makan
Masuk Tempat Wisata: Rp5.000 (Goa Sarang)
Kapal Cepat ke Aceh (Ekonomi) :Rp80.000

Baca juga: Solo Traveling ke Turki

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.