Menanjak Ke Papandayan

Mt Papandayan, Karamat Wangi, Cisurupan, Garut Regency, West Java, Indonesia
Buat kalian yang pengen naik gunung tapi takut gak kuat, kalian bisa pemanasan di Gunung Papandayan. Menurut orang-orang yang sudah ahli naik gunung, trek di Gunung Papandayan cukup ramah buat pemula dan waktu tempuhnya pun gak terlalu lama.


Gunung Papandayan berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat atau sekitar 2 jam perjalanan dari Bandung. Gunung ini ketinggiannya 2665 mdpl dan punya beberapa kawah. Di komplek kawah ada lubang-lubang magma dari mulai yang besar sampai yang kecil. Dari lubang-lubang itu keluar asap/uap air sampe bersuara cukup unik. Banyak banget wisatawan yang ke Papandayan cuma buat wisata ke kawahnya.

Treking dimulai dengan menanjak ke area kawah. Disana kalian bakalan lewatin beberapa kawah yang rame banget sama pengunjung. Bau belerang disana cukup kecium, disarankan menggunakan masker atau buff yang dibasahi air. Jalannya cukup menanjak, tapi tidak terjal. Tidak perlu takut tersesat karena jalur pendakian cukup mudah dikenali. Lebih dari 2 jam mendaki, kalian bakalan sampe di Pondok Saladah. Disinilah kalian bisa mendirikan tenda.
Pondoh saladah itu area padang rumput yang luasnya 8 ha di ketinggian 2.288 mdpl. Di daerah ini ada sungai Cisaladah yang airnya mengalir sepanjang tahun. Lok sumber air panas adanya di perbatasan Blok Cigenah. Sumber airnya mengandung belerang dan berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit. Buat kalian yang mau camping di Pondok Saladah jangan khawatir kesusahan. Selain ada sumber air, disana juga ada WC umum, musholla, dan pancuran tempat cuci alat-alat masak atau wudhu. Selain itu, kadang-kadang disana juga ada warga lokal yang buka warung.

Udara di Papandayan dingin banget. Kalian harus siapin baju hangat, sarung tangan, dan kaos kaki buat malam hari. Dan gak afdol kalo kalian ke gunung cuma buat tidur. Malemnya, kalian bisa nyalain api unggun kecil sambil masak, dilanjut ngobrol-ngobrol santai sampe kita bisa liat milkyway kalo langit lagi cerah.
Picture
Milky Way

Pagi-pagi setelah sarapan, kalian udah mulai bisa packing dan memulai perjalanan pulang. Di perjalanan pulang ini kalian bakal lewat hutan mati papandayan yang cantik banget buat jadi spot foto. Untuk perjalanan pulang harus cukup hati-hati, karena berdasarkan pengalaman banyak yang jatoh tergelincir. Jadi, perhatikan tiap pijakannya ya!
Picture
Pagi-pagi

Menanjak ke Papandayan lumayan bikin badan jadi sakit-sakit. Tapi kalo kalian emang pengen punya hobby naik gunung, gunung ini bisa dicoba buat jadi pemanasan. Jangan lupa untuk membawa turun sampah dan menjaga kelestarian alam di Gunung Papandayan. Dan cobain buat liburan yang tak sekedar hiburan dengan pulang membawa cerita berkesan, bukan hanya foto yang bagus dan badan yang lelah.

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.