Ke Tual naik Nggapulu

Pernah kebayang naik kapal selama berhari-hari?
Pasti bosen.
Belum mabuk laut.
Belum fasilitas.
Bla...
Bla...
Bla...
Pikiran-pikiran itu yang aku pikirkan ketika akan pergi ke Kota Tual, Maluku menggunakan transportasi laut. Pengalaman pertama naik kapal laut jarak jauh, biasanya nyebrang dari Banyuwangi ke Bali saja. Mungkin bingung, sekaligus excited. Pengalaman baru, berpergian jauh naik kapal laut.
  • TIKET
Keberangkatan ke Kota Tual dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kapal yang digunakan adalah KM Nggapulu milik PT PELNI. Buat beli tiket, bisa diakses di www.pelni.co id  dengan memilih rute dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menuju Tual. Harga tiket Rp. 547.000 untuk dewasa, dan untuk anak-anak dan bayi harganya jauh lebih murah. Harga tiket tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari.
  • KM NGGAPULU
KM Nggapulu adalah kapal milik PT PELNI dengan kapasitas lebih dari 2000 orang. Kapal ini berangkat dari Surabaya dengan tujuan akhir FakFak, Papua. Untuk menuju Kota Tual, kita melewati Makassar (Sulawesi Selatan), Bau-Bau (Sulawesi Tenggara), Ambon (Maluku), Banda Naira, dan tiba di Kota Tual (Maluku Tenggara). Perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 hari. Enaknya, di setiap pelabuhan singgah kita bisa turun dan nyobain makanan khas dari tiap daerah atau sekedar main-main di sekitar pelabuhan. Rata-rata, kapal berhenti 1-2 jam.
Picture
  • MAKANAN
PT PELNI mematok harga tiket sudah termasuk dengan makan sebanyak 3 kali sehari. Untuk makanan bisa diambil dengan cara mengantre setelah pengumuman bahwa makanan sudah siap dikumandangkan. Untuk sarapan biasanya sudah dimulai dari pukul 6 pagi, makan siang pukul 12 siang, dan makan malam pukul 6 sore. Makanannya tiap jam makan berbeda, diantaranya ayam, telur, sayuran, dan nasi. Untuk sarapan, biasanya ditambah dengan susu kotak mini. Porsi makannya tidak banyak, tetapi cukup. Apabila makanan masih dirasa kurang, disana akan banyak orang berjualan nasi maupun cemilan lainnya. Tentu saja, harganya lebih mahal. Apabila ingin agak murah, bisa nunggu kapal bersandar di pelabuhan, dan nanti bakalan makin banyak yang jualan makanan, disitu harganya lebih murah. Selain itu juga, PT PELNI menyediakan kantin lengkap dengan tempat duduknya


  • FASILITAS
MUSHOLA - Fasilitas mushola di KM Nggapulu cukup nyaman. Mushola ini berada di deck atas, pintu masuknya dari luar.


BIOSKOP - Yang dimaksud bioskop disini yaitu ruangan dengan layar dan kursi yang berjumlah sekitar 20an. Film yang ditayangkan berbeda-beda, dengan HTM Rp. 15.000,-

LIVE MUSIC - Selain bioskop, hiburan disini juga ada live music. Biasanya yang didatangkan adalah penyanyi dangdut (menurut pengumuman yang disuarakan).

KASUR - Kasur yang disediakan adalah kasur busa dilapis kain yang tahan air. Tempat tidurnya berdempetan seperti di barak. Sebaiknya, sebelum digunakan tempat tidur dibersihkan terlebih dahulu. 


KAMAR MANDI - Kamar mandi ada di setiap deck. Dengan wastafel, tempat mandi, dan toilet. Tetapi, air disini harus dihemat karena permasalahannya sering tidak ada air.

CAFETARIA - Cafetaria disini maksudnya tempat yang jual makanan dan kpi yang berada di deck paling atas kapal. Disini juga ada bangku dan meja. Favorite place pas mau liat sunset.

Dan yang terpenting dari sebuah perjalanan itu adalah teman perjalanan yang asyik. Ternyata tanpa HP, kita lebih baik dalam hal berkomunikasi. Waktu dihabiskan dengan bertukar cerita, menikmati sunset, bercanda, main kartu dan terkadang ngomel-ngomel. Perjalanan 5 hari 4 malam yang dikira membosankan, ternyata terlewati dengan menyenangkan.

Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.