Time Flies So Fast...

Di akhir semester 7 ini, rasanya campur aduk. Angkatan 2013, udah terlalu tua buat nyantai dengan kuliah dan buat bener-bener serius pun masih agak aneh. Kita udah mulai dihujani sama pertanyaan-pertanyaan "kapan lulus?", dan sebentar lagi merembet ke "kapan nikah?". Dan aku masih gak percaya, kalo ini tahun terakhir kita kuliah...

Masih gak percaya aja kalo kita yang kelakuannya masih jauh dari kata dewasa ini udah mau lulus kuliah. Obrolan kita sekarang kalo lagi nongkrong bukan cuma obrolan-obrolan receh dan gosip, tapi ngobrolin skripsi, sidang, kerja, malah temen-temen cewek ngobrolinnya udah ke jodoh sama nikah. Pening gak tuh?

Di umur segini, kita udah mulai dibebani sama masa depan. Nanti gimana kita skripsi? Susah gak? Sidang kita gimana? Dapet nilai apa ya nanti? Nanti kerja dimana? Enak gak ya kerjanya? Kalo gak dapet kerja gimana? Mending bisnis dari sekarang atau nunggu lulus kuliah dulu aja?, dan berjuta pertanyaan-pertanyaan tentang hidup udah mulai memberontak di kepala. 

Kita udah bukan anak kuliah semester awal yang cuma mikirin gimana kuliah tepat waktu, gimana ngerjain tugas, belajar buat UTS sama UAS, dan beberapa hal yang kita anggap berat dulu, sekarang kita anggap itu cuma bumbu-bumbu perkuliahan. Kita bukan anak semester awal yang cuma mikirin mabim, LKM, MIKRO, masih ketawa-ketiwi nongkrong di selasar, masih mikirin ke kampus pake baju apa ya?, dan gimana nyapa kakak tingkat karna takut gak sopan. LOL.

Kita udah bukan anak semester menengah yang organisasi oriented, menghabiskan sebagian hidupnya dengan memikirkan organisasi, kerjaannya rapat, bikin acara, ngedanus, dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan organisasi jurusan. Udah gak ada drama-drama kehidupan, yang ini berantem sama ini, itu berantem sama itu, dll.

Kita udah jadi anak semester akhir, yang masih belum move on dari kelakuan-kelakuan sebagai mahasiswa baru tetapi tanggung jawab yang dipikul semakin besar. Semester akhir yang mata kuliahnya udah cuma tinggal 3, tapi menguras tenaga, waktu dan pikiran. Udah mulai dikenalin sama dunia kerja melalui magang, udah mulai dilatih presentasi buat ujian proposal dengan seminar, dan udah mulai latihan buat bikin proposal penelitian yang bakalan jadi skripsi. Mainannya udah sama jurnal, perpustakaan, laptop, prodi, dan ini-itu yang harus kita perjuangkan supaya kita cepet memenuhi keinginan orang tua kita yaitu LULUS.


13 Desember 2016, diumumkan yang udah bisa ujian proposal berdasarkan hasil seminar. 13 orang dari angkatan 2013 bisa ikut ujian proposal buat bisa lulus bulan april, yang berarti mereka menyelesaikan kuliah 3,5 tahun. Yang aku rasain? Seneng BANGET BANGET BANGET liat temen-temen udah bisa ujian proposal yang berarti aku juga harus bisa ngejar mereka dengan beresin cepet-cepet proposal penelitian aku. Tapi, sedih juga.  Berarti, mulai sekarang kita udah harus berjuang masing-masing. Kita cuma bisa saling support dan mendo'akan...

Selamat berjuang ya, kita. Semoga usaha kita dimudahkan, do'a kita dikabulkan, dan semoga angkatan kita semakin solid. Saling mengingatkan buat jangan gampang nyerah, saling membantu selagi bisa dibantu. Gonna miss you, guys...




Join the conversation!

Latest Instagrams

© Grow Bold, not Just Old. Design by FCD.